6 Aktivitas Sehat yang Bisa Anda Lakukan Bersama Keluarga

June 2019 Comment 2K Report

6 Aktivitas Sehat yang Bisa Anda Lakukan Bersama Keluarga

Kebiasaan sehat dalam keluarga penting untuk dilakukan. Cobalah beberapa aktivitas di bawah ini demi kesehatan keluarga Anda.

CINTADOKTER.COM Jakarta Kebiasaan hidup sehat itu bisa dimulai dari keluarga. Ada banyak aktivitas sehat yang bisa Anda lakukan bersama keluarga. Mulailah dengan menerapkan aktivitas yang termudah sampai akhirnya kebiasaan tersebut bisa diterapkan secara rutin di dalam keluarga Anda.

Hari ini, Sabtu (22/6), diperingati sebagai Hari Keluarga Nasional. Sebenarnya, momentum peringatan ini bagus sekali jika Anda ingin membiasakan hidup sehat di keluarga. Sebab, banyak juga orang yang belum memahami pentingnya kesehatan dalam keluarga.

Baca Juga

  • Yuk, Bersama Membangun Keluarga Sehat!
  • 7 Hal yang Pengaruhi Kualitas Kesehatan Keluarga
  • Stres Usai Liburan, Normalkah?

"Sayangnya, meski sudah berkeluarga, tidak semua orang mengerti bagaimana merawat dan menjaga kesehatan keluarga. Tak sedikit juga yang bersikap tak acuh dan baru menyadarinya ketika ada anggota yang sakit," ujar dr. Sepriani Timurtini Limbong dari .

Namun, banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat keluarga menjadi sehat. Tak melulu aktivitas fisik seperti olahraga, ada banyak hal lain juga yang membantu fisik dan jiwa menjadi sehat.

Aktivitas sehat bersama keluarga

Ada beragam aktivitas sehat yang bisa Anda lakukan untuk membuat keluarga anda lebih  sehat jika dilakukan secara rutin. Beberapa di antaranya adalah:

  • Berkebun
  • Melakukan aktivitas berkebun secara rutin memiliki dampak luar biasa bagi  kesehatan. Bagi Anda yang tinggal di perkotaan dengan lahan yang sangat terbatas, Anda bisa mencoba berkebun dengan cara urban farming.

    Menurut dr. Theresia Rina Yunita dari , berkebun bisa membuat tubuh lebih kuat, misalnya saat mencangkul, Anda tentu membutuhkan pergerakan tangan dan tumpuan kaki yang kuat. Selain itu, berkebun akan memaksa Anda untuk lebih sering keluar dan merasakan udara segar dan matahari sehingga darah pun menjadi lancar.

    Sementara, sebuah studi di Belanda mengatakan bahwa berkebun dapat menangkal stres, bahkan lebih baik daripada kegiatan relaksasi lainnya. Studi lainnya di Norwegia menyebutkan bahwa berkebun mungkin membantu memperbaiki gejala-gejala depresi.

    1 dari 2 halamanSelanjutnya
  • Hiking
  • Ini sering dilakukan oleh banyak keluarga dalam beberapa tahun terakhir. Terutama para ayah akan menganak anak mereka mendaki gunung sambil belajar menikmati alam.

    Penting untuk menyampaikan pesan kepada anak bahwa kebugaran tidak tentang membakar kalori, tetapi gaya hidup aktif secara keseluruhan termasuk mencintai  alam sekitar.

  • Jalan pagi
  • Jalan pagi adalah olahraga murah dan mudah. Kemudahan dalam melakukan jalan pagi membuat Anda dan keluarga bisa berkomitmen menjalankannya secara teratur. Mungkin lawan dari jalan pagi adalah kemalasan bangun lebih pagi.

    Nyatanya, menurut dr. Karin Wiradarma dari , jalan pagi memiliki manfaat luar biasa. Dengan melakukan olahraga jalan pagi secara teratur, maka jantung Anda akan menjadi lebih kuat, sehingga dapat memompa darah dengan lebih mudah. Sehingga, tekanan pada pembuluh darah juga dapat menurun.

  • Berenang
  • Tepat sekali Hari Keluarga Nasional tahun ini jatuh di akhir pekan. Kesempatan ini bisa Anda pakai untuk berenang bersama keluarga. Pasalnya, menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari , berenang bisa menguatkan tulang, melawan risiko penyakit jantung koroner, mengurangi risiko diabetes, meningkatkan kapasitas dan volume paru-paru, dan menangani penyakit radang sendi.

  • Mengonsumsi makanan sehat
  • Makanan sehat adalah hal penting dalam keluarga. Makanan penuh nutrisi dan gizi adalah suatu keharusan, apalagi bagi anak-anak yang sedang masa pertumbuhan.

    Selain itu, makanan sehat dan nutrisi penting bagi sistem kekebalan tubuh Anda dan kesehatan secara keseluruhan. Menurut dr. Sepriani, pastikan menu makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak sehat.

  • Mengunjungi taman hiburan terdekat
  • Hidup dalam kecanggihan teknologi adalah hal yang tidak bisa dihindarkan sekarang ini. Akan tetapi, tidak ada salahnya mengunjungi taman hiburan terdekat dan melepaskan gawai Anda untuk sejenak bersama keluarga. Biasanya, banyak juga pada saat akhir pekan ini muncul pasar malam yang ada hiburan di dalamnya.

    Salah satu cara menjaga keluarga tetap aktif adalah dengan sering mengunjungi taman hiburan. Menaiki wahana dan berjalan dari satu wahana ke wahan lain, cukup untuk membakar kalori. Selain itu, sebagai keluarga Anda juga bisa meningkatkan ikatan sebagai sebuah keluarga dan menciptakan kenangan tak ternilai dengan anak pada saat yang bersamaan.

    Itu adalah beberapa aktivitas sehat yang bisa Anda lakukan di Hari Keluarga Nasional ini. Momentum Harganas kali ini semoga bisa menyadarkan masyarakat tentang betapa pentingnya kesehatan dalam keluarga denga menjalani hidup sehat.

    [RVS]

    Artikel Terkait

    Life Enjoy

    Show life that you have a thousand reasons to smile


    Disclaimer
    - All data on this website is for information only. Always consult your illness to the nearest doctor for certainty of your condition.
    - Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka. Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.

    Get in touch

    © Copyright 2019 CINTADOKTER.COM - All rights reserved.