Benarkah Tinggi Badan di Pagi dan Malam Hari Berbeda?

September 2018 Comment 4K Report

Benarkah Tinggi Badan di Pagi dan Malam Hari Berbeda?

Mengukur tinggi badan pada pagi dan malam hari bisa menunjukkan hasil yang berbeda, lho! Mengapa begitu? Simak fakta medis ini selengkapnya!

CINTADOKTER.COM Jakarta Tinggi badan merupakan salah satu hal penting dalam menunjang penampilan. Baik pria maupun wanita mendambakan tubuh yang tinggi karena dianggap lebih ideal. Perihal tinggi badan, tahukah Anda bahwa tinggi badan yang diukur di pagi dan malam hari bisa menunjukkan hasil yang berbeda?

Pada sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal “Pediatrics International”, disebutkan bahwa tinggi badan pada sore hari dapat menyusut hingga setengah sentimeter dibandingkan dengan pada pagi hari. Meski demikian, partisipan studi ini adalah 400-an anak-anak dengan rentang usia 3-15 tahun.

Baca Juga

  • Anak Tak Kunjung Pubertas, Kapan Orang Tua Harus Waspada?
  • Brace, Cara Menangani Skoliosis Tanpa Operasi
  • 4 Penyebab Tinggi Badan si Kecil Tidak Bertambah
Apa yang menyebabkan pertambahan tinggi badan?

Pertambahan tinggi badan secara alami terjadi terutama pada usia pubertas, karena pada usia ini terjadi grow spurt yang dipicu oleh aktivitas hormonal, baik pada pria maupun wanita. Namun sayangnya, pertambahan tinggi badan secara alami ini hanya terjadi hingga usia 20-21 tahun, karena biasanya pada usia ini lempeng tulang mulai menutup.

Ada berbagai hal yang memengaruhi tinggi badan seseorang, mulai dari faktor genetik atau keturunan, ras, nutrisi, aktivitas fisik, kualitas istirahat, serta ada atau tidaknya penyakit tertentu yang dapat memengaruhi tinggi badan. Salah satu penyakit yang dapat berdampak terhadap tinggi badan seseorang adalah skoliosis (tulang belakang bengkok ke samping). Pada orang dengan skoliosis berat, tindakan operasi akan mengembalikan posisi tulang menjadi lurus, sehingga berdampak juga pada pertambahan tinggi badan.

Bagaimana struktur tulang belakang manusia?

Sebelum membahas penyebab perbedaan tinggi badan pada pagi dan malam hari, Anda perlu mengetahui struktur tulang belakang manusia karena seperti telah dijelaskan di atas, tulang belakang merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan tinggi badan seseorang.

Dalam tubuh manusia terdapat 32-34 tulang yang menyusun tulang belakang. Tulang-tulang tersebut di bagi menjadi empat kelompok, yaitu:

  • Tujuh tulang belakang bagian leher 
  • Dua belas tulang belakang bagian dada
  • Lima tulang belakang bagian pinggang
  • Lima Tulang belakang bagian bokong 
  • Tiga sampai lima tulang ekor

Di antara satu tulang dengan tulang lainnya terdapat suatu lempeng penyambung, sehingga memungkinkan terjadinya pergerakan antar tulang belakang, misalnya saat Anda menunduk atau memiringkan badan ke samping. Selain itu, lempeng antar tulang belakang juga berfungsi sebagai “shock breaker” untuk melindungi tulang belakang dari beban dan guncangan.

1 dari 2 halamanPenyebab perbedaan tinggi badan pada pagi dan malam hari

Pada orang dewasa, pengukuran tinggi badan dilakukan dengan menggunakan alat pengukur tinggi badan (stature meter) dalam posisi berdiri. Perbedaan tinggi badan pada pagi dan malam hari disebabkan oleh perbedaan ukuran lempeng antar tulang belakang.

Pada malam hari, lempeng antar tulang belakang sedikit menyusut akibat tekanan yang dihasilkan oleh berat badan dan gravitasi, serta aktivitas fisik selama seharian. Singkatnya, semakin berat aktivitas fisik seseorang pada siang hari, misalnya olahraga berat atau banyak mengangkat barang-barang yang berbobot berat, maka penyusutan lempeng tulang belakang semakin besar sehingga dapat mengurangi tinggi badan seseorang yang sesungguhnya.

Saat Anda tidur pada malam hari, lempeng antar tulang belakang akan kembali dalam keadaan relaks karena tubuh tidak melakukan aktivitas apa pun. Selain itu, posisi tidur yang berbaring menghilangkan tekanan pada lempeng antar tulang belakang akibat berat badan dan gravitasi. Inilah mengapa tinggi badan pada pagi atau siang hari lebih tinggi 1 cm daripada malam hari.

Memang ada perbedaan tinggi badan pada pagi dan malam hari, yaitu sebanyak 1 cm. Jika Anda ingin mengukur tinggi badan, dianjurkan untuk melakukannya pada pagi hari setelah bangun tidur. Hasilnya akan lebih akurat karena tinggi badan Anda belum banyak dipengaruhi oleh aktivitas fisik Anda.

[RN/ RVS]

Artikel Terkait

Life Enjoy

Show life that you have a thousand reasons to smile


Disclaimer
- All data on this website is for information only. Always consult your illness to the nearest doctor for certainty of your condition.
- Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka. Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.

Get in touch

© Copyright 2019 CINTADOKTER.COM - All rights reserved.