Cara Menurunkan Berat Badan Paling Sehat bagi Pria 40 Tahun-an

2 weeks ago Comment 5K Report

Cara Menurunkan Berat Badan Paling Sehat bagi Pria 40 Tahun-an

Menurunkan berat badan bagi pria berusia 40 tahun wajib dilakukan saat angka timbangan terus merangkak naik. Bagaimanakah caranya?

CINTADOKTER.COM Jakarta Menurunkan berat badan bagi pria di atas 40 tahun bisa sangat “menantang”. Dikatakan menantang karena ada masalah di tubuh yang berkaitan dengan penurunan kadar testosteron, penurunan massa otot, dan perlambatan metabolisme seiring bertambahnya usia. Karena itu, menjaga berat badan tetap ideal adalah langkah untuk mencegah bersarangnya penyakit di tubuh.

Menurut dr. Dejandra Rasnaya dari pun setuju bahwa penting bagi para pria menjaga berat tubuh tetap ideal ketika memasuki usia 40 tahun. Menurutnya, pada usia 40-an kesehatan organ-organ tubuh sudah tidak sebaik pada saat usia 30-an ke bawah.

Baca Juga

  • Benarkah Food Combining Bisa Cepat Menurunkan Berat Badan?
  • Matcha vs Green Tea, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?
  • 5 Manfaat Sehat Minum Matcha yang Tidak Pernah Anda Duga

“Memiliki berat badan yang ideal bagi pria berusia 40 tahunan itu harus diperjuangkan. Karena kalau sudah obesitas, penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke sangat mungkin terjadi,” ujarnya.

Seperti pepatah bilang, "Life begins at 40". Ya, Anda juga perlu lebih peduli dengan kesehatan tubuh saat memasuki usia 40 tahun. Jangan terlena bahwa selama ini Anda sehat-sehat saja. Sebab, kebanyakan orang tidak menyadari kalau mereka memiliki penyakit tertentu saat memasuki usia 40 tahun hingga akhirnya timbul komplikasi. Itulah mengapa, mendapatkan atau mempertahankan berat badan ideal adalah hal yang sangat penting.

Cara menurunkan berat badan bagi pria usia 40-an

Anda mungkin bisa melakukan beberapa tips di bawah ini agar mendapatkan tubuh ramping setelah menginjak usia 40 tahun.

  • Fokus pada jumlah persen lemak tubuh

Ahli penurunan lemak, Tom Venuto, menyarankan agar Anda tidak terlalu khawatir tentang berat badan dan lebih fokus pada komposisi tubuh. Pelajari cara memeriksa persentase lemak tubuh Anda. Kemudian cobalah untuk mempertahankan lebih banyak massa bebas lemak agar tetap aktif dan menjaga metabolisme yang sehat.

  • Membentuk otot

Apa cara terbaik untuk meningkatkan persen lemak tubuh Anda? Membentuk otot adalah jawabannya! "Melatih ketahanan dan membentuk otot Anda adalah hal penting di usia 40 tahunan," kata Venuto tentang mempertahankan berat badan yang sehat seiring bertambahnya usia. 

Ia mengatakan bahwa beberapa orang merasa mudah untuk menurunkan berat badan seiring bertambahnya usia. Akan tetapi, mempertahankan massa otot benar-benar merupakan kunci untuk menjaga tubuh Anda tetap ramping dan sehat.

  • Lakukan aktivitas aerobik yang cukup

Membangun otot itu penting, tapi jangan lupa melakukan aktivitas yang membuat jantung Anda terus memompa. Rekomendasi untuk jumlah latihan yang Anda butuhkan tergantung pada tujuan Anda, mulai dari 150 menit per minggu hingga lebih dari 250 menit per minggu. Anda bisa berdiskusi dengan dokter mengenai durasi dalam setiap latihan untuk mencapai tujuan Anda.

  • Pertahankan kebiasaan sehat

Seiring bertambahnya usia, Anda bisa lebih mudah terjerumus pada kebiasaan hidup tidak sehat. Misalnya, kurang tidur dapat memengaruhi pilihan makanan Anda di siang hari. Sementara itu, jika asupan alkohol meningkat, lingkar pinggang Anda mungkin bertambah besar. Coba luangkan waktu untuk mengevaluasi dan membangun kebiasaan sehat yang meningkatkan berat badan Anda.

  • Lakukan diet seimbang

Menurut dr. Dejandra, diet seimbang adalah pemenuhan nutrisi mulai dari karbohidrat, protein, dan lemak secara seimbang. Jangan ada yang berlebih salah satunya atau kurang salah satunya. “Pria berusia 40-an perlu melakukan ini. Jangan sampai drastis juga penurunan berat badannya, karena nantinya bisa naik berkali-kali lipat kalau tidak dijaga,” ujarnya.

Menurunkan berat badan bagi pria berusia 40 tahun wajib dilakukan saat angka timbangan terus merangkak naik. Ingat, menjaga berat badan tetap dalam kondisi normal adalah salah satu cara terhindar dari berbagai penyakit. Satu hal lagi, lakukan pemeriksaan kesehatan rutin ketika Anda memasuki usia 40 tahun. Hal ini dilakukan untuk pencegahan dini penyakit yang biasanya mulai muncul di usia tersebut. 

[HNS/ RVS]

Artikel Terkait

Life Enjoy

Show life that you have a thousand reasons to smile


Disclaimer
- All data on this website is for information only. Always consult your illness to the nearest doctor for certainty of your condition.
- Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka. Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.

Get in touch

© Copyright 2019 CINTADOKTER.COM - All rights reserved.