Cara Tepat Mencegah Obesitas pada Anak

2 weeks ago Comment 5K Report

Cara Tepat Mencegah Obesitas pada Anak

Selain rentan dialami orang dewasa, obesitas juga bisa menyerang anak, dan berpotensi mengganggu tumbuh kembang anak. Ini cara mencegahnya.

CINTADOKTER.COM Jakarta Anak bertubuh gemuk dan gempal dengan lengan berlipat-lipat bagaikan roti sobek memang menggemaskan. Namun, orang tua sebaiknya tidak terbuai dan abai dengan kondisi anak yang demikian. Anda perlu mencegah kondisi tersebut sebab sudah menunjukkan terjadinya obesitas pada anak. Fakta menyebut bahwa obesitas yang dialami anak bisa menjadi awal munculnya berbagai penyakit berbahaya. 

Menurut dr. Fiona Amelia MPH dari , obesitas pada anak membuatnya lebih berisiko untuk mengalami berbagai penyakit yang identik terjadi pada orang dewasa. Beberapa penyakit tersebut antara lain diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi.

Baca Juga

  • Dampak Tas Sekolah Anak yang Terlalu Berat
  • Anak Sering Flu, Apakah Gejala Amandel?
  • Tips Sukses Jalankan Diet Ayurveda

“Parahnya lagi, anak yang tumbuh dengan kondisi obesitas juga cenderung kurang percaya diri dan rentan menjadi target perundungan atau bullying. Keadaan ini bisa membuat anak stres hingga depresi,” tutur dr. Fiona.

Pengaruh obesitas pada anak

Senada dengan itu, dr. Sara Elise Wijono MRes dari mengatakan bahwa obesitas pada anak memberikan pengaruh, baik secara medis, sosio-emosional, hingga akademik. 

“Secara medis, obesitas pada anak paling sering menjadi cikal bakal diabetes, sleep apnea, masalah pada jantung dan pembuluh darah, batu empedu, GERD, perlemakan hati, asma, dan banyak lagi,” ungkap dr. Sara.

Sedangkan secara sosio-emosional, obesitas pada anak bisa menyebabkan diskriminasi. Misalnya, anak tidak diajak melakukan suatu aktivitas lantaran memiliki kondisi tubuh yang kurang mendukung. 

“Secara sosio-emosional, anak dengan obesitas juga sering mendapat stereotip negatif. Misalnya, diasosiasikan malas, lamban, atau jelek,” tutur dr. Sara.

“Kalau dari sisi pengaruh akademik, penelitian mengatakan bahwa anak dengan obesitas empat kali lebih mungkin untuk memiliki masalah di sekolah. Salah satunya, sering bolos sehingga prestasi akademik menurun,” tambahnya.

Mencegah obesitas pada anak

Mencegah bahaya obesitas pada anak tidak bisa dilakukan dengan cara sembarangan, sebagaimana dikatakan spesialis kedokteran olahraga di RS Mitra Kemayoran dan Direktur Slim and Health Sport Centre Jakarta, dr. Michael Triangto, SpKO

“Mengatasi obesitas pada pasien dewasa adalah dengan mengurangi asupan kalori melalui diet dan aktivitas fisik. Namun, hal ini tidak dapat langsung diaplikasikan pada anak, karena mereka bukan miniatur orang dewasa. Oleh sebab itu, perlu disiapkan strategi khusus untuk mengatasi kasus obesitas pada anak,” katanya.

Lebih lanjut, dr. Michael mengatakan bahwa strategi khusus yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Mengubah pola makan yang ada. Bukan dengan diet ketat semata, karena anak membutuhkan gizi yang seimbang supaya bisa memiliki tumbuh kembang yang optimal. 
  • Meningkatkan aktivitas fisik dalam bentuk permainan. Cara ini bertujuan untuk menjaga motivasi anak agar tetap mau melakukan aktivitas fisik, karena latihan yang dilakukan adalah bagian dari permainan dan bukan olahraga seperti orang dewasa.
  • Meningkatkan motivasi melalui pendidikan yang mampu dipahami anak, agar ia tetap mau melakukan diet seimbang dan aktivitas fisik secara teratur.
  • Mendidik orang tua si anak agar tidak selalu mengabulkan segala hal yang memicu rengekan buah hatinya. Hal ini penting, karena salah satu faktor terjadinya obesitas pada anak adalah orang tua yang terlalu membebaskan buah hatinya untuk mengonsumsi makanan dengan memberi uang jajan tanpa mempertimbangkan gizi si Kecil.
  • Menurut dr. Michael, untuk menunjang keberhasilan strategi itu, tentu harus dibentuk tim yang terdiri dari berbagai bidang keilmuan. Dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, risiko obesitas pada anak bisa diminimalkan dan dampak buruknya di waktu mendatang dapat dihindari. 

    Langkah-langkah tersebut juga menjadi landasan akan pentingnya mencegah obesitas pada anak, karena jika anak telanjur mengalami obesitas maka pengobatan yang harus dijalani membutuhkan waktu, tenaga, kesabaran, dan dana yang tidak sedikit. Jadi, yuk, lakukan upaya untuk mencegah obesitas pada anak sejak dini.

    (NB/ RVS)

    Artikel Terkait

    Life Enjoy

    Show life that you have a thousand reasons to smile


    Disclaimer
    - All data on this website is for information only. Always consult your illness to the nearest doctor for certainty of your condition.
    - Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka. Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.

    Get in touch

    © Copyright 2019 CINTADOKTER.COM - All rights reserved.