Deretan Infeksi yang Rentan Menular ke Anak

4 weeks ago Comment 1K Report

Deretan Infeksi yang Rentan Menular ke Anak

Anak lebih mudah tertular infeksi karena daya tahan tubuhnya belum sempurna. Lalu, infeksi apa saja yang rentan menular ke anak?

CINTADOKTER.COM Jakarta Sebagai orang tua, Anda tentu akan merasa khawatir ketika si Kecil sering terserang infeksi. Oleh sebab itu, untuk mencegah penyakit agar tidak mudah menulari si Kecil, Anda perlu mengetahui berbagai jenis penyakit menular atau infeksi yang mudah menular ke anak. Khususnya ketika si Kecil sudah mulai masuk sekolah.

Sistem kekebalan tubuh pada orang dewasa sudah berkembang secara sempurna. Namun, hal ini berbeda dengan anak, di mana sistem kekebalan tubuhnya masih dalam masa perkembangan. Akibatnya, tubuh si Kecil pun lebih rentan tertular berbagai macam infeksi.

Baca Juga

  • Batuk Saat Hamil, Apa Dampaknya bagi Janin?
  • Herpes di Wajah, Waspada Herpes Zoster Oftalmikus
  • Flu Bikin Kanker Paru Memburuk juga Pernah Dialami Sutopo

Agar si Kecil tidak mudah terserang penyakit, maka Anda harus mengenal berbagai infeksi yang mengintainya, sehingga tindakan pencegahan pun dapat Anda siapkan. Berikut adalah beberapa macam infeksi yang mudah menular pada si Kecil: 

  • Selesma 

Selesma adalah salah satu infeksi virus pada saluran napas bagian atas (ISPA) yang paling sering menyerang anak-anak. Gejala salesma yang paling sering muncul adalah demam, batuk, pilek, dan nyeri saat menelan.

Untuk mencegah agar selesma tidak mudah terjadi pada si Kecil, selalu ingatkan untuk menjaga kebersihan diri dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, terutama saat sebelum makan, setelah keluar dari kamar mandi, dan sebelum menyentuh area hidung dan mulut.

  • Diare 

Diare yang disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri dapat mudah menular kepada orang lain. Apabila si Kecil terkena diare, segera berikan asupan cairan agar terhindar dari dehidrasi. Jika diare bertambah sering, segera konsultasikan lebih lanjut ke dokter. 

  • Cacar air 

Cacar air merupakan salah satu penyakit yang mudah menular pada si Kecil. Sebab, penyakit yang diakibatkan infeksi virus varicella zoster ini bisa menular melalui udara, yaitu dari percikan air liur saat berbicara, batuk atau bersin, dan juga bisa menular kontak langsung saat bersentuhan langsung dengan luka cacar airnya. 

Gejala cacar air memiliki ciri yang khas, yaitu adanya benjolan berisi cairan di area kulit. Oleh karena cacar air merupakan penyakit virus, agar masa proses penyembuhannya bisa lebih cepat, maka usahakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil dengan memperbanyak konsumsi makanan bergizi seperti sayur dan buah, serta cukup istirahat. 

  • Gondongan 

Gondongan disebabkan infeksi virus paramyxovirus. Penyakit ini juga mudah ditularkan melalui udara, yaitu dari percikan air liur yang keluar saat batuk, bersin, atau berbicara. 

Selain itu, penularan penyakit ini bisa terjadi saat bersentuhan langsung dengan benda-benda yang sudah terkontaminasi liur penderita. Meningkatkan daya tubuh si Kecil akan mampu mempercepat proses penyembuhan dari penyakit ini. 

  • Konjungtivitis 

Konjungtivitis adalah penyakit mata yang disebabkan bakteri atau virus. Gejala yang paling umum terjadi adalah mata merah, gatal, dan adanya kotoran mata yang keluar terus-menerus. 

Penyakit ini mudah menyebar ketika penderitanya menyentuh matanya, lalu bersentuhan dengan orang lain sebelum mencuci tangannya. 

Sebagian besar penyakit di atas mudah ditularkan karena si Kecil juga belum memahami perlindungan diri terhadap berbagai jenis penyakit. Oleh sebab itu, penting untuk mengajarkan pada si Kecil tentang cara mencegah penyakit sejak dini.

Beberapa hal sederhana yang bisa Anda ajarkan pada si Kecil adalah dengan memakai masker jika ada salah satu temannya di sekolah yang sedang batuk atau pilek, rutin membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makan atau setelah berpergian dari luar rumah, menghindari alat makan yang digunakan bersama dengan teman yang sedang sakit. Sedangkan dari sisi orang tua, diharapkan sudah melengkapi pemberian imunisasi pada si Kecil. 

Biar bagaimanapun, mencegah lebih baik daripada mengobati. Dengan lebih mengenal deretan infeksi yang rentan menular ke anak dan mengajarkan pada si Kecil melakukan pencegahan sendiri sejak dini, seperti menjalankan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan diri, maka risiko terpapar penyakit menular akan sangat kecil.

[MS/ RVS]

Artikel Terkait

Life Enjoy

Show life that you have a thousand reasons to smile


Disclaimer
- All data on this website is for information only. Always consult your illness to the nearest doctor for certainty of your condition.
- Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka. Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.

Get in touch

© Copyright 2019 CINTADOKTER.COM - All rights reserved.