Ibu Hamil Malas Makan, Apa Pengaruhnya pada Janin?

August 2019 Comment 5K Report

Ibu Hamil Malas Makan, Apa Pengaruhnya pada Janin?

Ibu hamil yang malas makan bisa mengalami kekurangan nutrisi. Apa saja pengaruhnya pada ibu dan janin dalam kandungan?

CINTADOKTER.COM Jakarta Ibu hamil membutuhkan nutrisi sesuai kondisi dan usia kehamilannya. Kalau sampai malas makan, bisa kekurangan nutrisi. Kondisi tersebut pengaruhnya tak hanya dirasakan ibu hamil, tetapi juga janin dalam kandungan.

Setiap ibu hamil pasti ingin menjalani kehamilannya dengan lancar tanpa kendala, dan melahirkan bayi yang sehat. Untuk mewujudkannya, ibu hamil wajib memastikan asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari selalu tercukupi, baik dari segi kuantitas maupun kualitas.

Baca Juga

  • Mengenal Intrauterine Fetal Death Bahayanya Sama Seperti Keguguran, lho!
  • Cegah Anemia pada Anak dengan 5 Makanan Ini
  • Benarkah Durian Bisa Menyebabkan Keguguran?

Terdengar mudah, tetapi faktanya kehamilan tak selalu berjalan lancar atau menyenangkan. Ada beberapa kondisi yang menjadikan beberapa ibu hamil mengalami kesulitan makan hingga malas makan.

Penyebab ibu hamil malas makan

Ibu hamil malas makan mungkin terdengar aneh bagi sebagian besar orang, karena umumnya kondisi hamil menjadikan wanita memiliki nafsu makan lebih besar. Faktanya, ibu hamil sangat mungkin mengalami masalah makan, khusus saat trimester pertama.

Selama tiga bulan pertama, ibu hamil akan mengalami mual dan muntah atau yang disebut emesis gravidarum. Sejauh ini, belum diketahui dengan jelas apa yang menyebabkan kondisi tersebut, tetapi diperkirakan hormon bHCG yang meningkat di masa awal kehamilan menimbulkan gejala mual dan muntah. Hal ini lantas membuat ibu hamil malas makan, bahkan beberapa ada yang menghindari makanan sama sekali.

Pada kondisi yang berat, emesis gravidarum dapat menyebabkan hiperemesis gravidarum, yaitu kondisi ibu hamil yang mengalami lemas, penurunan kesadaran, dehidrasi (kekurangan cairan), hipotensi (tekanan darah turun), hingga gangguan organ tubuh lainnya. Kondisi ini harus ditangani segera di rumah sakit.

Lantas, apakah pengaruhnya pada janin bila ibu hamil malas makan?

1. Tumbuh kembang bayi terancam

Janin bertumbuh dan berkembang dalam rahim ibu. Untuk perkembangannya, ia sepenuhnya bergantung pada tubuh ibu yang memberikan nutrisi melalui plasenta. Apabila ibu hamil malas makan, maka asupan nutrisinya pun akan kurang, sehingga tumbuh kembang bayi pun akan terkena imbasnya.

2. Kecacatan pada bayi

Kekurangan nutrien pada trimester pertama, terutama asam folat, dapat menyebabkan tabung saraf bayi gagal menutup – disebut sebagai defek tuba neuralis – sehingga bayi akan lahir dengan kecacatan.

3. Bayi lahir dengan berat badan rendah dan gagal tumbuh

Selain itu, bayi juga berisiko lahir dengan berat yang rendah (di bawah 2.500 gram) dan mengalami gagal tumbuh dalam kandungan (intrauterine growth retardation).

4. Ibu hamil berisiko mengalami anemia

Bagi ibu hamil itu sendiri, kekurangan nutrisi akibat masalah makan dapat menyebabkan anemia (kekurangan sel darah merah), risiko keguguran (abortus), kematian janin di trimester kedua atau ketiga, dan komplikasi persalinan seperti tekanan darah tinggi, perdarahan, dan sebagainya.

Solusi mengatasi ibu hamil yang sulit atau malas makan

Oleh karena itu, ibu hamil harus selalu memperhatikan asupan nutrisinya. Saat merasa malas untuk makan atau gejala mual yang mengganggu, Anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi biskuit atau makanan kering terlebih dulu.

Makanan yang kering relatif tidak membuat air ludah keluar terlalu banyak, sehingga tidak memicu mual dan lebih mudah diterima.

Cara lainnya adalah dengan makan dalam porsi kecil tetapi lebih sering. Hal ini umumnya efektif pada ibu di trimester kedua dan ketiga saat perut semakin besar dan terasa begah, sehingga sering timbul rasa enggan untuk makan.

Satu lagi yang tak kalah penting adalah memastikan makanan yang Anda konsumsi kandungan gizinya selalu lengkap, yakni mengandung karbohidrat, protein, lemak (terutama asam lemak esensial seperti omega-3 dan omega-6), serta vitamin dan mineral.

Kesehatan janin dalam kandungan adalah tanggung jawab ibu. Bila ibu hamil lalai untuk menjaga kondisi tubuhnya dan malas makan, pengaruhnya pada janin adalah terganggunya pertumbuhan dan perkembangannya. Jika sulit atau malas makan, lakukan langkah-langkah di atas dan pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan sehat bergizi lengkap.

(RN/ RVS)

Artikel Terkait

Life Enjoy

Show life that you have a thousand reasons to smile


Disclaimer
- All data on this website is for information only. Always consult your illness to the nearest doctor for certainty of your condition.
- Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka. Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.

Get in touch

© Copyright 2019 CINTADOKTER.COM - All rights reserved.