Kanker Payudara HER2 Positif, Apa Artinya?

3 weeks ago Comment 3K Report

Kanker Payudara HER2 Positif, Apa Artinya?

Mungkin tak banyak yang tahu kanker payudara banyak macamnya, salah satunya adalah kanker payudara HER2 positif.

CINTADOKTER.COM Jakarta Mungkin tak banyak yang tahu ternyata kanker payudara punya banyak jenis, salah satunya adalah kanker payudara HER2 positif. Kanker payudara jenis ini termasuk ganas dan mematikan. Mari mengenal kanker payudara HER2 positif lebih lanjut.

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang angka kejadiannya paling banyak di Indonesia, yaitu 42,1 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian sebanyak 17 per 100.000 penduduk. Kanker ini merupakan keganasan yang paling banyak terjadi pada wanita.

Baca Juga

  • SADARI, Periksa Payudara Sendiri Sebelum Terlambat
  • Amankah bagi Penderita Kanker Payudara Menyusui Bayi?
  • Ayah Beyoncé Sakit Kanker Payudara

Kanker payudara sendiri bermula ketika sel-sel di payudara mulai membelah diri dan tumbuh tak terkontrol. Sel-sel tersebut biasanya akan membentuk tumor yang dapat terlihat pada hasil rontgen dan biasanya dirasakan sebagai benjolan. 

Benjolan bisa berupa tumor jinak maupun ganas. Tumor menjadi ganas apabila sel-sel membelah diri tadi tumbuh menyerang jaringan di sekitarnya atau menyebar (metastasis) ke area yang jauh dari payudara. Meski paling sering dialami wanita, tetapi kanker payudara juga bisa terjadi pada pria.

Gejala kanker payudara yang paling umum adalah benjolan atau massa. Benjolan tersebut biasanya keras, tidak nyeri, dan memiliki tepi yang tidak teratur. Gejala lainnya berupa pembengkakan pada payudara, iritasi kulit (kadang terlihat seperti kulit jeruk), nyeri dan kemerahan di payudara atau puting, dan puting tertarik ke dalam. 

Setelah melalui rangkaian pemeriksaan seperti mamografi, USG payudara, atau bahkan MRI, tumor yang dicurigai ganas akan diperiksa lebih lanjut dengan biopsi. Sampel biopsi inilah yang biasa dipakai sebagai tes kanker payudara HER2 positif.

Kanker payudara HER2 positif: gejala, diagnosis, dan penanganannya

Beberapa wanita yang terkena kanker payudara memiliki tingkat protein yang lebih tinggi. Inilah yang dikenal dengan HER2 positif. HER2 adalah protein pemacu pertumbuhan di luar semua sel payudara.

Arti dari HER2 positif adalah apabila sel-sel kanker payudara memiliki tes positif untuk reseptor protein yang disebut human epidermal growth factor receptor 2 (HER2). 

Tugas dari protein tersebut adalah untuk membantu mengendalikan bagaimana sel payudara yang sehat tumbuh, membelah, dan memperbaiki sendiri. Namun terkadang, ada yang tidak beres pada gen yang mengendalikan protein HER2 (juga disebut gen ERBB2) dan tubuh seseorang menciptakan terlalu banyak reseptor ini. 

Akibatnya, sel-sel payudara tumbuh dan membelah tanpa terkendali. Sekitar 1 dari 5 kanker payudara adalah HER2 positif. Kanker ini cenderung tumbuh dan menyebar lebih cepat daripada kanker payudara lainnya. Wanita yang baru terdiagnosis dengan kanker payudara invasif harus diuji untuk HER2.

Gejala yang muncul pada kanker payudara HER2 positif sama dengan gejala kanker payudara pada umumnya. Oleh sebab itu, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut untuk diagnosis kanker payudara dengan HER2 positif. 

Ada empat macam tes yang bisa digunakan untuk diagnosis kanker payudara HER2 positif, yaitu dengan tes ImmunoHistoChemistry (IHC), fluorescence in situ hybridization (FISH), the SPoT-Light HER2 CISH, dan Inform Her2 Dual ISH. Masing-masing tes akan menunjukkan hasil banyak tidaknya gen HER2 ditemukan pada sel kanker payudara yang diperiksa. 

Untuk penanganan kanker payudara dengan HER2 positif, pasien akan menjalani kemoterapi, radioterapi, bahkan operasi. Namun, ada penanganan khusus pada kanker payudara HER2 positif ini, yaitu dengan targeted therapy. Terapi ini menggunakan obat-obatan spesial yang dapat memblokir reseptor dari HER2 untuk membantu mencegah agar sel kankernya tidak tumbuh.

Demikian penjelasan tentang apa itu kanker payudara HER2 positif. Para ahli merekomendasikan bahwa setiap kanker payudara invasif baiknya diuji untuk keberadaan HER2, karena hasilnya secara signifikan akan memengaruhi rekomendasi dan keputusan penanganan. Periksalah payudara secara rutin, karena kanker payudara jenis apa pun akan lebih mudah diobati jika tediagnosis dini dan tingkat kesembuhannya pun meningkat.

(RN)

Artikel Terkait

Life Enjoy

Show life that you have a thousand reasons to smile


Disclaimer
- All data on this website is for information only. Always consult your illness to the nearest doctor for certainty of your condition.
- Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka. Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.

Get in touch

© Copyright 2019 CINTADOKTER.COM - All rights reserved.