Kanker Payudara HER2 Positif, Kenali Gejala dan Tanda-tandanya

last month Comment 5K Report

Kanker Payudara HER2 Positif, Kenali Gejala dan Tanda-tandanya

Pada dasarnya, gejala dan tanda kanker payudara HER2 positif tidak jauh berbeda dengan kanker payudara pada umumnya. Apa saja gejala itu?

CINTADOKTER.COM Jakarta Kanker payudara menjadi momok yang menakutkan bagi wanita. Bagaimana tidak, menurut Kementerian Kesehatan, kanker payudara adalah penyakit tersering pada wanita dengan angka 42 dari 100.000 kasus. Tapi, tak banyak yang tahu kalau jenis kanker payudara antara satu wanita dengan lainnya bisa berbeda. Ya, kanker payudara ternyata mempunyai banyak jenis, salah satunya kanker payudara HER2 positif. 

Kanker payudara HER2 positif yang agresif

Kanker payudara HER2 positif merupakan kanker payudara yang disebabkan oleh terlalu banyak protein human epidermal growth factor receptor 2 (HER2) di dalam tubuh. Normalnya, protein ini berfungsi mengatur pertumbuhan, pembelahan, dan memperbaiki sel payudara yang sehat.  

Baca Juga

  • Kanker Payudara HER2 Positif, Bisakah Disembuhkan?
  • Benarkah Penuaan dan Kanker Saling Berhubungan?
  • Gejala Menopause Bikin Otak Pengidap Kanker Payudara Bermasalah?

Namun, karena terdapat kelainan genetik maka protein HER2 dan reseptornya diproduksi berlebihan. Jumlah sel payudara pun meningkat secara tidak terkontrol. Hal itulah yang menjadi dasar penyebabnya kanker payudara HER2 positif ini.

Selain HER2, terdapat dua jenis gen lagi yang mempromosikan terjadinya kanker payudara, yaitu estrogen receptor dan progesterone receptor. Kanker payudara HER2 positif ini diketahui lebih agresif dan ganas dari jenis lainnya (triple negatif dan estrogen atau progesteron positif) dan terjadi pada 20 persen kasus kanker payudara.

Penyebab kanker payudara HER2 positif

Penyebab pasti kanker payudara HER2 positif hingga kini belum diketahui secara pasti. Namun, ahli berpendapat kelainan ini dapat dipicu oleh berbagai faktor yang saling berkaitan, di antaranya gen bawaan, pola hidup, dan lingkungan. 

Pada umumnya, jika ada keluarga Anda yang memiliki riwayat kanker payudara, maka risiko terjadinya pada Anda juga akan meningkat. Namun begitu, gen kanker payudara HER2 positif tidak diturunkan dari orang tua. 

Pola hidup yang diyakini memengaruhi terjadinya kanker jenis ini adalah gaya hidup yang tidak sehat. Misalnya, jarang berolahraga, berat badan berlebih atau obesitas, makan makanan cepat saji dan olahan, konsumsi alkohol dan merokok, serta tidak bisa mengelola stres. 

Gejala kanker payudara HER2 positif

Pada dasarnya, gejala kanker payudara HER2 positif tidak jauh berbeda dengan kanker payudara umumnya. Gejala-gejala tersebut antara lain:

  • Benjolan payudara

Ini merupakan gejala paling umum dari kanker payudara jenis apa pun. Namun begitu, tidak semua benjolan di payudara merupakan tanda kanker. Bila Anda menemukan benjolan abnormal pada payudara, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

  • Pembengkakan

Terjadi perubahan bentuk (bengkak membesar), kemerahan, dan nyeri pada payudara atau puting merupakan tanda adanya proses radang. Kondisi ini dapat dicurigai akibat adanya massa pada payudara.

  • Perubahan kulit

Perubahan kulit payudara atau puting berupa kemerahan, iritasi, dan kulit yang tertarik ke dalam juga bisa menjadi gejala kanker payudara HER2 positif.

  • Cairan keluar dari puting

Jika terdapat cairan yang keluar dari puting tetapi bukan susu, Anda patut waspada kalau itu merupakan tanda kanker payudara. Cairan yang keluar dapat berupa darah atau cairan kuning seperti nanah.

Meskipun kanker payudara HER2 positif hanya terjadi 1 dari 5 penderita kanker payudara, jenis ini lebih ganas dan agresif. Oleh karena itu, Anda perlu mewaspadai gejala dan tanda kanker payudara HER2 positif dari awal dengan cara SADARI, yaitu pemeriksaan payudara sendiri. Pemeriksaan sendiri ini bisa Anda lakukan sebelum mandi dan di depan kaca. Dengan deteksi dini yang baik, Anda bisa mencegah komplikasi yang lebih parah.

[HNS/ RH]

Artikel Terkait

Life Enjoy

Show life that you have a thousand reasons to smile


Disclaimer
- All data on this website is for information only. Always consult your illness to the nearest doctor for certainty of your condition.
- Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka. Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.

Get in touch

© Copyright 2019 CINTADOKTER.COM - All rights reserved.