Lakukan Cara Ampuh Ini untuk Mengatasi GERD

4 weeks ago Comment 4K Report

Lakukan Cara Ampuh Ini untuk Mengatasi GERD

Cara ampuh mengatasi GERD tak lepas dari perubahan gaya hidup. Simak lebih lanjut perubahan gaya hidup yang disarankan.

CINTADOKTER.COM Jakarta Kalau sudah terdiagnosis GERD, umumnya penderita akan mengalami kekambuhan. Rasanya tentu tak nyaman. Ada cara yang cukup ampuh untuk mengatasinya, yaitu dengan melakukan perubahan gaya hidup.

GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah masalah pada saluran pencernaan yang mana terjadi refluks atau naiknya asam lambung ke esofagus (kerongkongan).

Baca Juga

  • Sering Dikira Sama, Apa Beda GERD dengan Sakit Mag?
  • Kenali 3 Gangguan Pencernaan seperti Dialami Aktor Dimas Seto
  • Cara Membedakan Nyeri Dada karena Serangan Jantung dan GERD

Gejala GERD di antaranya:

  • Sensasi terbakar di dada yang kadang menjalar ke kerongkongan. Keluhan ini bisa berlangsung selama 2 jam dan umumnya memberat setelah makan.
  • Berbaring dapat memperparah gejala.
  • Sensasi di atas juga bisa disertai rasa asam atau pahit di mulut.
  • Nyeri dada.
  • Batuk kering.
  • Nyeri tenggorokan dan suara serak.

Penyebab GERD

GERD diakibatkan kelemahan atau kegagalan relaksasi dari cincin yang bertugas mengatur proses buka-tutup pintu (klep) yang menghubungkan esofagus bawah dengan lambung. Kelemahan sfingter ini bisa terjadi dengan sendirinya pada wanita hamil atau orang yang obesitas.

Selain itu, mereka yang menderita asma, diabetes, skleroderma, dan penyakit hiatus hernia juga rentan terkena GERD. Beberapa makanan juga dicurigai dapat memicu GERD yakni kopi, alkohol, cokelat, gorengan, saus tomat, bawang putih, dan bawang merah.

Hal lain yang juga dapat meningkatkan risiko adalah kebiasaan buruk seperti merokok dan kebiasaan mengonsumsi makanan kurang dari 3 jam sebelum tidur.

Mengatasi GERD dengan perubahan gaya hidup

Penderita GERD harus berhati-hati dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Jika tidak, penyakit bisa kambuh. Untuk mencegah dan mengatasinya, diperlukan perubahan gaya hidup.

  • Perhatikan pola makan
  • Pola makan yang tidak teratur bisa bikin berat badan naik. Karenanya, makanlah sesuai jadwal, serta jangan melewatkan sarapan, makan siang, maupun makan malam.

    Sarapan bisa mengurangi kambuhnya asam lambung. Makanan sehat dengan porsi yang kecil saat sarapan bisa mengisi perut yang sudah terlalu lama kosong sejak terakhir makan pada malam sebelumnya.

    Pilih makanan dengan gizi lengkap dan seimbang, lalu kunyah makanan dengan benar dan jangan terburu-buru.

    Hindari makanan dan minuman yang dapat merangsang asam lambung berlebih, seperti makanan berlemak, berminyak, manis, pedas, dan kopi.

    Selain itu, hindari makan jika sudah larut malam. Karena selain meningkatkan asam lambung, kemungkinan Anda untuk langsung tidur juga tinggi.

  • Jaga berat badan
  • Obesitas berisiko meningkatkan kejadian GERD karena jaringan lemak bisa memberikan dorongan terhadap lambung. Maka dari itu, jagalah berat badan dalam batas normal.

  • Hindari berbaring setelah makan
  • Jika setelah makan Anda langsung berbaring, maka isi lambung akan menekan sfingter pembatas lambung dan esofagus. Kalau ini menjadi kebiasaan, maka sfingter tersebut lama-lama melemah.

    Berikan jeda 3-4 jam setelah makan jika Anda ingin berbaring. Atau jika GERD Anda sering kambuh, tidurlah dengan posisi kepala yang lebih tinggi.

  • Jangan merokok dan minum minuman beralkohol
  • Nikotin pada rokok diketahui menyebabkan melemahnya otot sfingter, sehingga memungkinkan asam lambung naik. Selain itu, alkohol diketahui dapat merangsang asam lambung. Ketika asam lambung berlebihan, selain bisa melukai lambung, dinding esofagus juga bisa teriritasi, terutama jika sfingter esofagus sudah lemah.

  • Konsumsi obat secara teratur
  • Selain melakukan perubahan gaya hidup, produksi asam lambung tetap perlu dikontrol. Jika asam lambung tiba-tiba naik, Anda bisa mengonsumsi obat yang mengandung famotidine, kalsium karbonat, dan magnesium hidroksida.

    Itu semua bisa Anda dapat lewat konsumsi Promag Double Action, si ahlinya lambung yang punya cara kerja efektif untuk menetralisir asam lambung sekaligus mengurangi produksinya. Aksi ganda ini mampu menahan tingkat netral asam lambung hingga 12 jam. Perut pun nyaman lebih lama dan aktivitas tak terganggu.

    Meski bisa dibeli secara bebas, tetapi sebaiknya konsumsi obat ini setelah Anda mengetahui masalah pada lambung dengan berkonsultasi dengan dokter. Anda pun harus mengonsumsinya sesuai dosis dan anjuran yang tertera pada kemasan, atau sesuai dengan saran dokter.

    GERD sifatnya kronis, yang artinya penyakit bisa kambuh jika tidak dikontrol dengan baik. Kalau terus-terusan kumat dan tidak ditangani dengan baik, asam lambung yang naik lama-lama bisa mengikis lapisan kerongkongan, hingga timbulkan peradangan. Peradangan bisa menimbulkan potensi bahaya komplikasi seperti: pembengkakan pita suara, esofagitis, batuk asma, erosi gigi, struktur esofagus, penyakit esofagus Barret, hingga kanker kerongkongan.

    Itulah alasan mengapa GERD atau naiknya asam lambung mesti ditangani dengan baik. Selain mengonsumsi obat, cara mengatasi GERD yang efektif adalah dengan melakukan perubahan pola gaya hidup seperti yang disebutkan di atas, agar Anda terhindar dari komplikasi yang lebih serius.

    (RN/ RH)

    Artikel Terkait

    Life Enjoy

    Show life that you have a thousand reasons to smile


    Disclaimer
    - All data on this website is for information only. Always consult your illness to the nearest doctor for certainty of your condition.
    - Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka. Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.

    Get in touch

    © Copyright 2019 CINTADOKTER.COM - All rights reserved.