Mencegah Penuaan Dini pada Kulit dengan Asupan Kaya Kolagen

August 2019 Comment 4K Report

Mencegah Penuaan Dini pada Kulit dengan Asupan Kaya Kolagen

Polusi udara dan sinar matahari bisa membuat kulit tampak tua. Tapi Anda bisa mencegah penuaan dini dengan mengonsumsi asupan kaya kolagen.

CINTADOKTER.COM Jakarta Kondisi kualitas udara Jakarta yang buruk tentu bisa berdampak langsung pada kesehatan tubuh, termasuk kulit. Beragam jenis polutan di udara serta paparan sinar matahari yang terik bisa membuat kulit tampak lebih tua. Nah, Anda perlu  cara untuk mencegah penuaan dini. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi asupan kaya kolagen. 

Nah, solusi tersebut terungkap dalam acara Beautyvestasi by Diva di Mal Kelapa Gading, Jakarta Utara, hari Minggu (11/8/2019) lalu.

Baca Juga

  • Ini Dia 6 Cara Ampuh Menghilangkan Selulit
  • Terlalu sering Konsumsi Makanan Olahan, Apa Dampaknya?
  • Sudah Pakai Pelembap, Butuh Krim Mata atau Tidak, Ya?
Kolagen penting untuk kesehatan kulit

Menurut dr. Haekal Yassier Anshari, M. Biomed (AAM), yang hadir sebagai salah satu narasumber, penuaan adalah proses alami yang memang tidak bisa Anda hindari. Namun, dengan adanya kolagen, kulit dapat sehat, tetap kencang dan awet muda. 

Disampaikan dr. Haekal, kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia dan berperan penting untuk kekencangan kulit. Kolagen yang diproduksi oleh tubuh ini membantu regenerasi kulit, serta menjaganya tetap halus dan lembap. Kolagen inilah yang menolong Anda tetap awet muda.

“Akan tetapi, kabar buruknya, jumlah dan produksi kolagen akan menurun seiring bertambahnya usia,” ujar dr. Haekal lagi. 

Hal ini semakin parah akibat adanya kerusakan kolagen karena paparan radikal bebas, baik yang berasal dari dalam tubuh maupun dari luar tubuh. Sebut saja polusi udara, asap kendaraan, paparan asap rokok, dan sinar ultraviolet. 

“Oleh karena itu, selain perawatan kulit dari luar, dibutuhkan perawatan kulit dari dalam tubuh. Salah satunya dengan cara mengonsumsi makanan atau minuman kaya kolagen dan mengandung banyak antioksidan. Nah, asupan ini mampu mengembalikan jumlah kolagen yang optimal untuk kesehatan kulit,” seperti dijelaskan dr. Haekal.

Perlu asupan kaya kolagen

Lantas, apa saja asupan yang kaya kolagen? Seperti dikutip dari Heathline, agar produksi kolagen tetap terjaga, Anda dapat mengonsumsi makanan yang membantu proses tersebut. Makanan tersebut antara lain buah-buahan beri (raspberry, blueberry, dan blackberry), anggur, lemon, kaldu tulang, sayuran yang berwarna gelap, dan kacang-kacangan. 

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan kolagen, Anda bisa mengonsumsi suplemen khusus kolagen. Pada umumnya, suplemen khusus kolagen ini secara khusus mengandung kolagen aktif yang ditambahkan bahan-bahan berasal dari sumber kolagen. Misalnya, pomegranate acai dan juga vitamin E. 

Ada satu hal lagi yang perlu Anda ingat, merawat kulit dengan menjaga jumlah kolagen harus dilakukan sejak usia muda, dan tidak perlu menunggu sampai tua. 

“Penyebabnya, kolagen dalam tubuh manusia itu mulai menurun jumlah dan produksinya sejak usia 25 tahun. Penurunannya juga tidak main-main, yakni sebesar 1,5 persen setiap tahunnya,” ujar dr. Haekal lagi.

Perawatan kulit dengan mengonsumsi asupan kaya kolagen sejak dini seharusnya menjadi bagian dari gaya hidup sehat. Bahkan bisa digunakan untuk mencegah penuaah dini. Selain itu, imbangi juga dengan kebiasaan sehat lainnya. Dengan demikian, keindahan dan kesehatan kulit Anda akan selalu terjaga. 

[HNS/ RVS]

Artikel Terkait

Life Enjoy

Show life that you have a thousand reasons to smile


Disclaimer
- All data on this website is for information only. Always consult your illness to the nearest doctor for certainty of your condition.
- Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka. Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.

Get in touch

© Copyright 2019 CINTADOKTER.COM - All rights reserved.