Minuman Kemasan Rendah Gula Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes?

August 2019 Comment 5K Report

Minuman Kemasan Rendah Gula Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes?

Penderita diabetes disarankan untuk menjauhi minuman manis. Lantas, bagaimana dengan minuman kemasan rendah gula?

CINTADOKTER.COM Jakarta Diabetesi atau penderita diabetes tentu sudah tahu kalau dirinya harus menghindari makanan dan minuman yang manis-manis. Namun terkadang, keinginan untuk mengonsumsi minuman manis tak bisa dibendung. Lalu bolehkah bolehkah minuman kemasan rendah gula jadi alternatif pelepas dahaga untuk penderita diabetes?

Mengenal gejala diabetes

Diabetes atau kencing manis adalah penyakit di mana terjadi gangguan metabolisme karbohidrat, khususnya gula darah atau glukosa. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan untuk seluruh organ tubuh, karena glukosa adalah sumber energi utama organ-organ penting termasuk bagi otak.

Baca Juga

  • Benarkah Makan Pisang Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan?
  • Keseringan Mager alias Malas Gerak, Waspadai 4 Penyakit Ini
  • Nasi Merah vs Nasi Putih, Mana Lebih Aman bagi Penderita Diabetes?

Ada berbagai jenis diabetes, namun yang paling sering dialami oleh masyarakat adalah diabetes tipe 2. Penyakit ini disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari genetika atau keturunan dari keluarga, pola makan tidak sehat, kurang aktivitas fisik, serta kegemukan atau kelebihan berat badan.

Diabetes itu sendiri merupakan penyakit berbahaya, karena gejala awalnya sulit dideteksi. Penderita diabetes umumnya hanya mengalami keluhan sering lapar dan ingin makan terus, sering haus dan ingin minum terus, serta sering buang air kecil. Apabila tindakan tidak segera dilakukan begitu gejala ini muncul, lama-kelamaan berat badan dapat menurun, luka menjadi sulit sembuh, dan mengalami keputihan abnormal (pada wanita).

Bila gejala-gejala tersebut muncul dan Anda dinyatakan positif mengalami diabetes oleh dokter, maka gaya hidup tidak sehat seperti sebelumnya mesti benar-benar ditinggalkan. Ini karena penderita diabetes wajib menjaga kadar gula darah agar selalu stabil. Apabila lalai, kadar gula darah dapat melonjak tinggi dan menyebabkan berbagai komplikasi, seperti kebutaan, stroke, penyakit jantung, luka permanen di kaki, kerusakan saraf, dan gagal ginjal.

Pentingnya kontrol gula darah pada diabetes

Selain rutin mengonsumsi obat pengendali gula darah, penderita diabetes juga harus menghindari makanan dan minuman  manis. Tentu saja dengan bertebarannya berbagai pilihan minuman manis yang sedang tren belakangan ini membuat penderita diabetes harus ekstra kuat menahan diri.

Namun, sebagai solusi dari masalah tersebut, beberapa produsen menghadirkan minuman kemasan rendah gula dan rendah kalori agar penyandang diabetes dapat turut menikmati sensasi rasa manis yang dirindukan. Namun, apakah minuman jenis ini aman bagi kesehatan penderita diabetes?

Faktanya, minuman terbaik untuk penderita diabetes adalah yang mengandung nol kalori, seperti air putih, atau teh dan kopi tanpa gula. Lantas, apakah itu artinya penderita diabetes dilarang mengonsumsi minuman kemasan yang mengandung pemanis buatan seperti aspartam, sukralosa, dan sakarin?

Tidak, penderita diabetes tak dilarang untuk mengonsumsi minuman kemasan yang rendah kalori dan mengandung pemanis buatan tersebut. Badan keamanan makanan dan obat Amerika (FDA) menyatakan pemanis buatan aman untuk dikonsumsi dalam batas wajar, dan disarankan untuk menjadi pengganti gula. Asosiasi Diabetes Amerika juga mengemukakan keamanan minuman soda diet yang mengandung pemanis buatan.

Kendati begitu, para ahli dan praktisi kesehatan lebih menganjurkan para penderita diabetes untuk mengonsumsi minuman bebas gula seperti air putih. Selain itu bisa juga menikmati teh atau kopi tanpa ditambah gula atau krimer sama sekali. 

Jika memang penderita diabetes ingin minum sesuatu yang beda namun aman bagi kesehatan, infused water bisa menjadi pilihan. Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mencampurkan potongan lemon, jeruk, atau daun mint ke dalam air putih. 

Jadi, meski minuman kemasan rendah gula hanya  menggunakan pemanis buatan atau rendah kalori, penderita diabetes tetap tidak dianjurkan untuk mengonsumsinya. Akan lebih baik jika diabetes minum air putih, teh atau kopi tanpa gula. 

(NB/ RVS)

Artikel Terkait

Life Enjoy

Show life that you have a thousand reasons to smile


Disclaimer
- All data on this website is for information only. Always consult your illness to the nearest doctor for certainty of your condition.
- Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka. Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.

Get in touch

© Copyright 2019 CINTADOKTER.COM - All rights reserved.