Minyak Lintah, Benarkah Ada Manfaatnya untuk Kesehatan?

Minyak Lintah, Benarkah Ada Manfaatnya untuk Kesehatan?

Minyak lintah mungkin dipercaya bisa memperbesar penis. Tapi, benarkah minyak ini memiliki manfaat lain bagi kesehatan?

CINTADOKTER.COM Jakarta Minyak lintah dalam beberapa tahun terakhir sedang menjadi pembicaraan karena dianggap memiliki banyak manfaat. Jika Anda mencari manfaat minyak lintah via mesin pencarian Google, banyak muncul informasi terkait alat vital pria. Akan tetapi benarkah ada manfaat kesehatan dari minyak lintah?

Minyak jenis ini banyak dijual di toko-toko online. Keutamaan yang ditonjolkan adalah untuk memperbesar penis atau memberikan solusi bagi masalah seksual yang dialami pria.

Baca Juga

  • Peran Penting Ibu bagi Kesehatan Keluarga
  • Manfaat Puasa untuk Kesehatan Fisik dan Mental
  • Efek Tidak Makan Sahur bagi Kesehatan

Ketika mencari informasi di dunia maya terkait minyak lintah, yang paling banyak menjadi topik pembicaraan adalah minyak lintah khas Papua.

Lintah sendiri adalah bintang yang mirip dengan cacing dan hidup di daerah perairan atau area yang lembap. Jika lintah menempel di tubuh, biasanya akan mengisap darah.

Mayoritas lintah memang hidup di lingkungan air tawar. Namun, beberapa spesies lintah dapat ditemukan di lingkungan darat maupun laut. Salah satu jenis yang paling terkenal adalah lintah obat, Hirudo medicinalis.

Jenis lintah ini melekatkan diri pada inang kemudian mengisap darah, setelah terlebih dahulu mengeluarkan peptida hirudin untuk mencegah pembekuan darah.

Pada era ini lintah juga sering digunakan untuk pengobatan. Banyak orang melakukan terapi lintah untuk menyedot darah kotor di dalam tubuhnya. Tak mengherankan. Karena sebenarnya, lintah telah digunakan dalam pengobatan dari zaman kuno hingga abad ke-19 untuk mengambil darah dari pasien.

Benarkah ada manfaat sehatnya?

Minyak lintah selama ini lebih dikenal dengan khasiatnya untuk  memperbesar penis. Sebab, banyak pria yang merasa tidak puas dengan ukuran penis yang dimilikinya dan pada akhirnya memilih untuk memakai minyak lintah sebagai salah satu cara pengobatan.

Dari beberapa sumber, minyak ini terbuat dari ekstrak lemak lintah. Cairan inilah yang kemudian banyak digunakan untuk pengobatan atau obat tradisional.

Namun, bagaimana sebenarnya minyak lintah dari kacamata medis? Menurut dr. Alvin Nursalim SpPD dari , sejauh ini belum ada penelitian mengenai minyak lintah untuk kesehatan.

"Sayangnya, minyak lintah belum bisa dibilang memiliki manfaat kesehatan, karena segala sesuatu yang dianggap bisa bermanfaat bagi kesehatan harus melalui penelitian medis, harus diterima secara umum terlebih dahulu oleh para ahli," ujarnya.

Meski demikian, menurut dr. Alvin minyak lintah bisa juga dikategorikan sebagai pengobatan alternatif di daerah tertentu.

“Tapi, lagi-lagi dari kacamata medis, efeknya belum bisa dikatakan. Apalagi untuk memperbesar penis," dr. Alvin kembali menegaskan.

Dijelaskan kemudian oleh dr. Alvin, sebenarnya tidak ada cara lain untuk memperbesar penis selain dengan operasi. Jadi, dari sisi medis memang tidak bisa dikatakan bahwa minyak lintah memiliki manfaat.

Jadi jelas, minyak lintah yang dijual bebas di toko online belum diketahui manfaatnya secara medis karena belum ada penelitian mengenai hal tersebut. Namun, semuanya tergantung Anda, apakah tetap memercayai khasiat yang telah disebutkan atau tidak. Bila Anda manfaat minyak lintah untuk kesehatan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk mengantisipasi efek dari penggunaan minyak ini.

[NP/ RVS]

Artikel Terkait

Life Enjoy

Show life that you have a thousand reasons to smile


Disclaimer
- All data on this website is for information only. Always consult your illness to the nearest doctor for certainty of your condition.
- Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka. Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.

Get in touch

© Copyright 2019 CINTADOKTER.COM - All rights reserved.