Orang Terdekat Alami Kanker, Lakukan 8 Hal Ini

January 2019 Comment 5K Report

Orang Terdekat Alami Kanker, Lakukan 8 Hal Ini

Jika orang terdekat Anda mengalami sakit kanker, lakukan hal-hal berikut untuk membantu meringankan sakitnya.

CINTADOKTER.COM Jakarta Penyakit kanker hingga kini masih merupakan penyakit yang ditakuti oleh banyak orang. Membayangkan lama dan beratnya pengobatan kanker yang dijalani serta kemungkinan terburuk yang bisa terjadi seringkali membuat penderita kanker merasa cemas dan sedih. Studi menemukan bahwa lebih dari 50 persen penderita kanker pernah merasakan gejala depresi atau ansietas.

Jika Anda memiliki keluarga atau sahabat yang mengalami kanker, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meringankan penderitaannya, yaitu:

Baca Juga

  • Turunkan Risiko Kanker dengan 5 Cara Ini
  • Bebas dari Kanker dengan 5 Makanan Ini
  • 3 Kanker yang Rentan Dialami Anak
  • Jadilah ”tangan kanannya”
  • Saat keluarga atau teman baik Anda mengalami kanker, jadikan diri Anda orang kepercayaannya. Ini tak berarti Anda harus melakukan semua tugas yang biasa dikerjakannya. Penderita kanker juga tetap harus mampu hidup mandiri. Namun, Anda bisa membantunya mengatur jadwal untuk kontrol ke dokter, mengurus pendaftarannya di rumah sakit, atau menjaganya agar tak terlalu lelah.

  • Mengatur dan memilihkan makanan
  • Tidak nafsu makan merupakan salah satu keluhan yang sering dirasakan oleh penderita kanker. Padahal, asupan makanan yang bergizi sangat penting untuk mendukung proses pengobatan. Sebagai orang terdekat, bantulah untuk memilihkan makanan yang mampu membangkitkan selera makannya. Usahakan untuk menyediakan makanan yang tinggi protein, seperti makanan yang mengandung daging, ikan, tahu, dan tempe. Selain itu, buah segar dan sayur juga tak kalah penting untuk dikonsumsi. Pikirkan cara mengolah makanan yang kreatif agar ia mau makan dalam jumlah yang cukup.

  • Membantu mengerjakan rutinitas
  • Belanja kebutuhan sehari-hari, membersihkan rumah, menyiram tanaman, mencuci pakaian, dan pekerjaan sehari-hari lainnya bisa menjadi hal yang melelahkan bagi orang yang sedang sakit. Kadang kala, sesekali dia perlu bantuan dalam melakukan pekerjaan rutin tersebut. Anda bisa membantu orang terkasih yang sedang mengalami kanker dalam melakukannya. Jika tak punya cukup waktu untuk itu, Anda bisa menawarkan bantuan untuk mencari asisten yang dapat membantunya melakukan tugas rumah tangga tersebut. Alternatif lain, Anda bisa mengoordinasi orang terdekatnya untuk secara bergantian membantu melakukan pekerjaan rumah itu.

    1 dari 2 halamanSelanjutnya
  • Menjaga anak-anaknya
  • Jika orang terdekat yang mengalami kanker memiliki anak, memberikan perhatian pada anaknya juga dapat membantu mengurangi beban yang dirasakan. Ajaklah sang anak untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan sesuai usianya. Jika anak masih usia balita, Anda bisa mengajaknya bermain di taman bermain. Atau jika sudah berusia lebih besar, nonton film ke bioskop atau bermain game bisa menjadi hal yang menarik untuk dilakukan.

  • Mendampinginya saat menjalani pengobatan
  • Memeriksakan diri ke dokter bisa jadi saat yang melelahkan dan membuat jenuh penderita kanker. Sering kali mereka harus menunggu lama di ruang tunggu. Alangkah nyaman jika saat menunggu, ada teman yang menemaninya. Kadang, Anda juga tak perlu banyak bicara. Kehadiran Anda bersamanya saat menjalani proses pengobatan saja sudah tentu membantu meringankan beban. Selain itu, jika dokter menyampaikan berita yang tak begitu baik, Anda juga dapat memberikan dukungan seperti memegang tangan, mengusap punggung, atau memeluknya.

  • Mengajaknya melakukan hal yang menyenangkan
  • Ajak orang terdekat yang sedang sakit untuk tetap bisa melakukan hal yang menyenangkan. Mampir di kedai kopi dan mengobrol, jalan-jalan ke mal, nonton bioskop, pergi ke pantai, atau hal menyenangkan lainnya bisa Anda tawarkan padanya. Buatlah penderita kanker yakin bahwa dia tidak berjuang sendirian dan tetap bisa bahagia. Rasa bahagia dan tenang akan membantu proses pengobatannya.

  • Menemaninya di malam hari
  • Malam hari sering kali menjadi saat yang paling tidak menyenangkan bagi penderita kanker. Di malam hari, banyak penderita kanker yang sulit tidur karena merasa takut, terpikir terus mengenai penyakitnya, membayangkan ajal. Kadang kala, mereka juga merasa kesepian dan terisolasi di malam hari. Kehadiran Anda menemaninya di malam hari akan membawa angin sejuk. Anda bisa membuatkan susu hangat untuk membantunya merasa mengantuk. Aromaterapi atau musik yang lembut juga bisa membantu menenangkannya.

  • Mendoakannya
  • Memberikan dukungan kepada orang terkasih yang sakit kanker dengan mendoakannya akan membantu dia untuk lebih tenang dan nyaman. Si penderita akan merasa tidak sendirian dan merasa disayangi.

    Banyak hal positif yang dapat Anda lakukan untuk membantu orang terdekat Anda yang terkena kanker. Dalam rangka Hari Kanker Sedunia, jadilah sahabat dan pendamping yang baik bagi orang terdekat yang sedang mengalami kanker untuk membantu meringankan penderitaannya.

    [HNS/ RVS]

    Artikel Terkait

    Life Enjoy

    Show life that you have a thousand reasons to smile


    Disclaimer
    - All data on this website is for information only. Always consult your illness to the nearest doctor for certainty of your condition.
    - Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka. Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.

    Get in touch

    © Copyright 2019 CINTADOKTER.COM - All rights reserved.