Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Wasir di Rumah

July 2019 Comment 3K Report

Pertolongan Pertama untuk Mengatasi Wasir di Rumah

Meski kelihatan sepele, wasir bikin penderitanya tidak nyaman. Inilah tips sederhana untuk mengatasi wasir yang bisa dilakukan di rumah.

CINTADOKTER.COM Jakarta Selain berkonsultasi dengan dokter, ada tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi wasir di rumah. Penderita wasir tentunya familier dengan keluhan ketidaknyamanan saat duduk, atau anus terasa gatal atau nyeri. Karenanya, wasir harus ditangani dengan baik.

Wasir, juga dikenal sebagai ambeien, adalah salah satu masalah kesehatan yang kerap terjadi. Penderitanya umumnya mengeluh rasa tidak nyaman saat duduk. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut dengan hemoroid, yaitu terjadinya pelebaran pembuluh darah di sekitar rektum dan anus. Pembuluh darah yang melebar tersebut dapat teregang hebat, menipis, teriritasi, bahkan berdarah.

Baca Juga

  • Mencegah Stroke dengan Makanan, Bagaimana Caranya?
  • Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Sistem Imun
  • Inilah yang Dapat Dilakukan untuk Meredakan Nyeri Sendi
Penyebab wasir

Hingga saat ini, penyebab wasir belum diketahui secara pasti. Salah satu yang diyakini meningkatkan risikonya adalah pola makan rendah serat, yang membuat tinja keras hingga konstipasi.

Hal tersebut membuat penderitanya harus mengejan saat buang air besar. Kebiasaan mengejan dapat meningkatkan tekanan pada daerah rektum, sehingga pembuluh darah di daerah tersebut akan melebar.

Penyebab lain adalah adanya masalah kelenturan otot di sekitar rektum dan anus. Ada beberapa orang yang otot di rektum atau anusnya kurang lentur, yang akhirnya mengharuskannya untuk mengejan tiap kali buang air besar meski tinja tidak keras. Kondisi tersebut akhirnya berdampak pada pembuluh darah di area rektum, sehingga timbullah wasir.

Jenis dan gejala wasir

Secara umum, ada dua jenis wasir atau hemoroid, yakni hemoroid interna dan hemoroid eksterna.

Hemoroid interna adalah pelebaran pembuluh darah bagian dalam rektum. Jenis ini sulit untuk dilihat secara kasatmata. Penderitanya biasanya mengeluhkan adanya benjolan yang keluar saat buang air besar dan masuk kembali setelah selesai, atau dapat dimasukkan dengan jari.

Sementara itu, hemoroid eksterna adalah pelebaran pembuluh darah bagian luar dari rektum. Benjolan pembuluh darah terlihat dari luar dan dirasakan oleh penderitanya. Umumnya, gejalanya adalah rasa nyeri, gatal, sensasi panas di daerah anus, dan tidak nyaman saat duduk.

Beberapa gejala lain dari wasir di antaranya adalah:

  • Tampak darah yang menetes saat buang air besar.
  • Rasa nyeri hebat akibat gesekan pembuluh darah dengan pakaian atau saat duduk.
  • Tampak benjolan berwarna merah muda di sekitar anus.
  • Pucat dan mudah lemas karena anemia akibat kehilangan darah melalui tinja.
Tips sederhana mengatasi wasir di rumah

Bila Anda mengalami beberapa gejala di atas, sejumlah hal sederhana berikut bisa segera diterapkan untuk mengatasi wasir di rumah:

1. Hindari duduk terlalu lama

Duduk dalam waktu yang lama dapat meningkatkan tekanan di area rektal dan anus, sehingga memperburuk kondisi wasir. Jika pekerjaan Anda mengharuskan untuk selalu duduk, usahakan untuk bangun dan berjalan setiap 1-2 jam sekali, setidaknya selama 5 menit untuk mengurangi tekanan rektal.

2. Kompres es

Untuk mengurangi rasa nyeri akibat peradangan pada wasir, Anda juga bisa mengandalkan kompres es di daerah rektum. Caranya adalah dengan membungkus es di dalam handuk kecil, kemudian kompres area wasir selama 15 menit. Teknik ini terutama dilakukan dalam kondisi akut, yaitu ketika wasir amat meradang dan terasa nyeri.

3. Menambah asupan serat

Tambahkan makanan yang tinggi serat dalam menu harian untuk membantu melunakkan tinja dan melancarkan gerakan usus. Contohnya adalah brokoli, kacang-kacangan, golongan serealia, dan buah-buahan. Anjurannya adalah mengonsumsi 25-30 gram serat per hari.

4. Berendam air hangat

Berendam dengan air hangat dapat mengurangi gatal, iritasi, atau kram otot di area rektal yang terjadi pada wasir. Gunakan ember besar yang berisi air hangat, kemudian duduklah dalam ember tersebut selama 10-15 menit dan lakukan 2 kali sehari. Setelah itu, usap dengan lembut dan keringkan area anus.

5. Minum obat antinyeri

Anda dapat mengonsumsi obat antinyeri yang mengandung zat aktif parasetamol atau ibuprofen untuk mengurangi rasa nyeri akibat wasir. Obat-obatan tersebut umumnya dijual secara bebas.

6. Konsumsi suplemen yang dapat meredakan wasir

Bicarakan juga dengan dokter Anda mengenai suplemen yang dapat membantu meredakan wasir, yang terbuat dari bahan-bahan herbal yang aman. Suplemen yang dimaksud adalah H2 Hemorid dari H2 Health & Happiness[.

Suplemen tersebut mengandung bahan herbal alami yang aman dikonsumsi jangka panjang, serta memiliki komposisi herbal lengkap untuk mengatasi gejala-gejala yang menyertai wasir.

Jika dikonsumsi sesuai dosis perawatan atau pengobatan, manfaat yang akan didapat di antaranya:

  • Mengurangi nyeri dan perdarahan pada wasir
  • Mengurangi pembengkakan wasir
  • Mengempiskan tonjolan wasir
  • Memperlancar buang air besar

Bagaimana, langkah-langkah pertolongan pertama untuk mengatasi wasir di rumah tak sulit, bukan? Perlu diingat bahwa anjuran di atas belum tentu dapat menyembuhkan wasir sepenuhnya. Bila gejala dirasakan semakin berat, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

(RN/ RH)

Artikel Terkait

Life Enjoy

Show life that you have a thousand reasons to smile


Disclaimer
- All data on this website is for information only. Always consult your illness to the nearest doctor for certainty of your condition.
- Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka. Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.

Get in touch

© Copyright 2020 CINTADOKTER.COM - All rights reserved.