Sebelum Bayinya Meninggal, Ini 5 Masalah Kesehatan Irish Bella saat Hamil

3 weeks ago Comment 6K Report

Sebelum Bayinya Meninggal, Ini 5 Masalah Kesehatan Irish Bella saat Hamil

Sebelum bayi kembarnya meninggal di dalam kandungan, Irish Bella diketahui mengalami beberapa masalah kesehatan saat hamil.

CINTADOKTER.COM Jakarta Irish Bella dan suami, Ammar Zoni, tengah berduka karena bayi kembarnya meninggal di dalam kandungan. Dilansir dari berbagai pemberitaan, penyebabnya adalah solusia plasenta. Sebelum berita duka tersebut, pesinteron berusia 23 tahun ini juga diketahui sempat mengalami sejumlah masalah kesehatan saat hamil.

Berikut ini adalah sejumlah masalah kesehatan yang pernah dialami oleh Irish saat hamil.

Baca Juga

  • BAB Bayi Berbusa, Bahayakah?
  • Ketombe Pada Bayi, Ini Cara Mengatasinya
  • Deteksi Dini Tanda dan Gejala Tunarungu pada Bayi
  • Kelelahan
  • Meski umum, ibu hamil harus berupaya sebaik mungkin agar terhindar dari kelelahan. Dilansir dari Liputan6.com, aktris sinetron “Cinta Suci” tersebut tetap menjalani syuting dan kegiatan lainnya, hingga membuatnya kelelahan dan mengalami perdarahan. Alhasil, ia dirujuk untuk tirah baring (bed rest) di rumah sakit.

    Selain berat badan sendiri, saat hamil wanita harus membawa tambahan beban berupa pertambahan volume darah, berat janin, air ketuban, serta plasenta. Jika sampai kelelahan, dampak buruk bisa terjadi.

    “Pada usia hamil yang lebih lanjut, kelelahan dapat memicu timbulnya flek hingga kontraksi rahim. Banyaknya aktivitas fisik yang melibatkan gerak tubuh juga bisa memunculkan risiko timbulnya keluhan nyeri pinggang, nyeri punggung, serta kaki bengkak,” kata dr. Atika dari .

    “Selain itu, ibu hamil yang kelelahan juga memiliki risiko yang cukup besar untuk kehilangan keseimbangan dan jatuh. Padahal, jatuh dan trauma lain bisa menimbulkan cedera pada janin,” tambahnya.

    Sebenarnya, tanpa segudang aktivitas pun ibu hamil memang berisiko mengalami kelelahan yang lebih parah daripada mereka yang tidak hamil. Kelelahan ini rentan terjadi pada trimester pertama dan ketiga. 

    Pada trimester pertama, kelelahan disebabkan oleh peningkatan hormon progesteron dan tingginya frekuensi mual muntah. Sedangkan pada trimester ketiga, penyebab kelelahan adalah bobot bayi dalam perut yang semakin bertambah. 

  • Kontraksi
  • Irish juga diketahui beberapa kali mengalami kontraksi selama hamil, yaitu hampir lima menit sekali. Akhirnya, ia pun harus kembali dirawat inap sembari dicari tahu penyebab pasti kondisi tersebut selain kelelahan.

  • Infeksi saluran kemih
  • Aktris film “Heart 2 Heart” ini juga sempat terkena infeksi saluran kemih (ISK). Menurut dr. Valda Garcia juga dari , wanita hamil berisiko tinggi mengalami infeksi saluran kemih, terlebih ketika menginjak usia kehamilan 6-24 minggu.

    “Saat hamil, uterus (rahim) akan membesar dan berada tepat di atas kandung kemih. Sering usia kehamilan bertambah, ukuran rahim yang makin besar akan menyebabkan sumbatan pada aliran urine di saluran kemih. Jika berlangsung dalam jangka panjang, ini dapat memicu infeksi saluran kemih,” kata dr. Valda menjelaskan.

    Berbagai komplikasi lain yang dapat timbul sebagai akibat ISK  pada ibu hamil adalah abses ginjal, sepsis, kelainan fungsi ginjal, hipertensi, preeklamsia, dan anemia. Selain itu, dapat timbul persalinan prematur yang dapat merugikan kesehatan bayi.

  • Anemia
  • Lewat akun media sosialnya, Irish pernah mengungkapkan bahwa kadar hemoglobinnya (Hb) rendah alias punya anemia. Pada ibu hamil, anemia bisa berbahaya karena bisa bikin kondisi drop, misalnya akibat kehilangan darah saat persalinan.

    Kondisi anemia pada ibu hamil paling sering disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Terlebih jika ibu hamil mengalami mual muntah hebat, yang membuatnya kesulitan untuk memenuhi kebutuhan gizi, baik untuk ibu maupun janin.

  • Tekanan darah tinggi
  • Terakhir, Irish juga diketahui punya masalah tekanan darah tinggi. Kondisi tekanan darah tinggi yang tak terkontrol itulah yang pada akhirnya memicu masalah solusio plasenta yang dialami Irish.

    Semakin tinggi tekanan darah ibu hamil, maka plasenta berisiko tinggi untuk lepas sehingga menyebabkan aliran darah ke bayi tidak lancar.

    Karena aliran darah ke bayi tak lancar, bayi yang dikandungnya mengalami pembengkakan jantung dan sulit diselamatkan. Pada hari Minggu lalu (6/10), Irish menjalani operasi sesar untuk mengeluarkan janin kembar berusia 27 minggu, diberi nama Aiona dan Aiora, yang sudah tak bernyawa di dalam perutnya.

    Sebelum harus menerima kenyataan pahit bahwa janin kembar yang dikandung Irish Bella meninggal dunia, Irish diketahui memiliki sejumlah masalah kesehatan saat hamil. Duka yang dirasakan Irish dan Ammar Zoni ini semoga bisa dijadikan pelajaran bagi ibu hamil lainnya, untuk senantiasa memprioritaskan kesehatan tubuh dan kehamilan sesuai anjuran dokter yang menangani.

    (RN)

    Artikel Terkait

    Life Enjoy

    Show life that you have a thousand reasons to smile


    Disclaimer
    - All data on this website is for information only. Always consult your illness to the nearest doctor for certainty of your condition.
    - Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka. Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.

    Get in touch

    © Copyright 2019 CINTADOKTER.COM - All rights reserved.