Tertusuk Bulu Babi? Ini Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan

3 weeks ago Comment 1K Report

Tertusuk Bulu Babi? Ini Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan

Ke pantai memang asyik. Namun kalau tak hati-hati, Anda bisa kena bulu babi. Kalau terlanjur tertusuk, ini langkah-langkah pertolongan pertamanya.

CINTADOKTER.COM Jakarta Jalan-jalan di sepanjang pantai saat sedang surut memang punya efek relaksasi. Namun jika Anda tidak hati-hati melangkah atau tidak memperhatikan kondisi terumbu karang saat menyelam, bisa-bisa Anda tertusuk bulu babi. Kalau sudah terlanjur tertusuk, jangan panik, ada langkah-langkah pertolongan pertamanya.

Seberapa bahaya tusukan bulu babi?

Anda perlu tahu bahwa bulu babi yang berbulu panjang disebut sebagai landak laut (Diadema antillarum), sedangkan yang bentuknya agak bulat dan berduri pendek disebut sebagai bulu babi (Temnopleurus alexandrii). Dalam ilmu biologi, keduanya termasuk jenis hewan Enchinoidea.

Duri-duri rambut bulu babi dapat digerakkan, tajam, dan beracun. Racunnya ada di ujung durinya yang lancip, yang fungsinya adalah untuk mempertahankan diri sekaligus melumpuhkan musuh. Meski demikian, bulu babi bukanlah makhluk laut yang agresif. Kecelakaan tertusuk bulu babi biasanya disebabkan oleh kesalahan manusia yang tak sengaja menginjak atau menyentuhnya.

Sistem pertahanan diri bulu babi ada dua, yakni duri dan organ kecil penghantar racun. Duri pada bulu babi sangat tajam dan mudah patah. Apabila duri tersebut menancap di kulit, duri berpotensi tertinggal di dalam kulit, sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, khususnya pada anak-anak. 

Racun yang dihasilkan oleh organ kecil pada bulu babi bisa mengakibatkan bentol kemerahan di kulit, juga keluhan gatal dan perih. Semakin sensitif kulit, maka reaksi gatal juga makin parah dan bisa juga muncul keluhan lainnya seperti:

  • Area yang tertusuk menjadi kaku dan sulit digerakkan
  • Lemas
  • Nyeri otot 
  • Pada kasus yang parah, penderita bisa alami mengalami gagal napas
1 dari 2 halamanPertolongan pertama saat tertusuk bulu babi

Dari , dr. Atika mengatakan bahwa untuk penanganan tertusuk bulu babi, amannya harus diketahui dulu seberapa dalam duri menancap. Setelah itu, duri perlu segera dibuang dan luka harus dibersihkan.

“Cara terbaik untuk mengatasi keluhan tertusuk duri bulu babi adalah dengan segera membuang duri tersebut secara steril dan membersihkan luka agar tidak infeksi,” katanya.

Lanjut dr. Atika, ada baiknya Anda mengunjungi fasilitas layanan kesehatan terdekat supaya alat-alat yang digunakan steril. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan resep obat penghilang nyeri untuk meredakan keluhan sakit dan bengkaknya.

Lebih lengkapnya, jika suatu hari Anda sampai tertusuk bulu babi, ingat selalu langkah-langkah pertolongan pertama di bawah ini:

  • Tak perlu panik dan segera menepi. Kalau panik, tubuh jadi lebih banyak bergerak, sehigga risiko duri patah di dalam dan tertinggal di dalam kulit lebih besar. Kalau sudah begitu, racun juga bisa menyebar lebih cepat.
  • Rendam bagian tubuh yang tertusuk bulu babi dalam air hangat untuk mengurangi nyeri sekaligus  melunakkan bulu babi yang menancap.
  • Setelah direndam, segera cabut duri bulu babi yang menancap dengan menggunakan pinset.
  • Selanjutnya, cuci bersih area yang tertusuk duri dengan air mengalir dan sabun, lebih baik lagi dengan cairan antiseptik. Tujuannya adalah untuk membersihkan sisa-sisa racun dan mencegah infeksi.
  • Meski duri sudah dicabut dan area luka sudah dibersihkan, biasanya rasa nyeri masih akan bertahan. Untuk mengatasinya, Anda bisa minum obat penghilang rasa nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen. 
  • Jika tidak punya pinset atau cairan antiseptik, sebaiknya kunjungi klinik terdekat. Sebab, bila hanya dicabut dan didiamkan saja, racun bisa menyebar. 
  • Untuk mengurangi rasa gatal, biasanya dokter akan memberikan krim hidrokortison.
  • Untuk menghalau racun, dokter mungkin akan memberikan krim antibiotik oles, misalnya neosporin.

Itulah langkah-langkah pertolongan pertama saat tertusuk bulu babi. Apabila bermain di pantai atau perairan dangkal, hati-hati melangkah dan jangan lupa menggunakan alas kaki. Jika snorkeling dekat terumbu karang, pakai fins untuk melindungi kaki dari bulu babi yang mungkin ada di sekitar terumbu karang.

(RN)

Life Enjoy

Show life that you have a thousand reasons to smile


Disclaimer
- All data on this website is for information only. Always consult your illness to the nearest doctor for certainty of your condition.
- Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka. Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.

Get in touch

© Copyright 2019 CINTADOKTER.COM - All rights reserved.