Tips Agar Tetap Sehat Setelah Begadang di Pesta Tahun Baru

December 2019 Comment 4K Report

Tips Agar Tetap Sehat Setelah Begadang di Pesta Tahun Baru

Berniat untuk menghabiskan malam tahun baru dengan begadang sampai pagi? Lakukan ini agar tubuh tetap fit dan sehat keesokan harinya.

Pergantian tahun tentu menjadi momen yang tidak ingin terlewatkan. Kebanyakan orang akan merayakan malam tahun baru dengan begadang sampai pagi, baik dengan kerabat maupun sanak famili.

Tapi, apa jadinya jika begadang demi berpesta menyambut tahun baru justru membuat Anda jatuh sakit akibat kelelahan? Tentu tidak akan menyenangkan untuk melalui hari pertama di tahun baru dengan keadaan tubuh yang tidak fit.

Lalu, apa yang harus dilakukan agar tetap bugar menjalani hari setelah begadang untuk berpesta di malam tahun baru? Ini dia tips yang bisa Anda terapkan:

  • Sarapan dengan Makanan Sehat di Pagi Hari
  • Ilustrasi Wanita Sarapan Buah

    Setelah begadang di malam tahun baru, Anda mungkin belum dapat mengganti waktu tidur karena aktivitas pagi yang tidak dapat ditinggalkan. Untuk menyiasati hal ini, Anda perlu sarapan dengan makanan sehat yang bernutrisi.

    Artikel Lainnya: Sering Begadang Bisa Picu Stroke?

    Sarapanlah dengan makanan alami yang belum terlalu banyak diproses, seperti buah-buahan. Jika perlu, hindari dulu makanan berat yang akan membuat perut Anda terlalu kenyang.

    Kekenyangan akan membuat tubuh menjadi lebih lelah, sebab tubuh harus berfokus memproses makanan yang baru saja Anda konsumsi. Sangat tidak dianjurkan untuk mengonsumsi makanan seperti junk food, karena minyak jenuh yang dikandungnya akan membuat tubuh merasa lebih lelah dan sulit berkonsentrasi.

  • Penuhi Kebutuhan Cairan Ketika Begadang
  • Air Putih

    Meski begadang, tetap ingat untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan dengan mengonsumsi air putih yang cukup. Kecukupan cairan di malam hari akan sangat berpengaruh baik pada tubuh Anda di pagi hari.

  • Buat Tubuh Anda Relaks
  • Wanita sedang Yoga

    Begadang dan kurang tidur setelah pesta semalaman akan membuat tubuh Anda kaku ketika bangun di pagi hari. Maka dari itu, lakukanlah kegiatan olahraga kecil seperti berjalan berkeliling di sekitar rumah. Atau, jika cukup akrab dengan gerakan-gerakan yoga yang sederhana, Anda dapat melakukannya ketika bangun di pagi hari.

    Artikel Lainnya: Sering Begadang Bikin Otak Jadi Lemot, Mitos atau Fakta?

    Kegiatan-kegiatan sederhana seperti itu akan membantu aliran darah Anda mengalir dengan lebih baik, membuat tubuh lebih relaks, dan akan meningkatkan energi untuk beraktivitas.

  • Mandi Air Dingin
  • Ilustrasi Pria Mandi Air Dingin

    Kulit biasanya akan menjadi kusam dan kering setelah begadang semalaman. Hal ini dapat Anda atasi dengan mandi air dingin di pagi hari.

    Biasanya, setelah mandi dengan air dingin, tubuh akan otomatis menjadi lebih segar sehingga Anda akan lebih semangat dalam beraktivitas. Mandi juga dapat menenangkan pikiran agar menjadi lebih relaks.

    Hindari mandi dengan terburu-buru. Nikmatilah setiap aliran air yang membasuh tubuh Anda. Setelah mandi, jangan lupa untuk menggunakan pelembap pada tubuh dan wajah agar kesehatan kulit tetap terjaga.

  • Carilah Waktu untuk Mengganti Tidur
  • Wanita Tidur Bersama Kucingnya

    Sangat penting untuk mengganti tidur yang telah Anda tinggalkan setelah begadang untuk berpesta di malam tahun baru. Jika tidak memiliki kewajiban untuk beraktivitas atau bekerja di pagi hari, segera ganti tidur Anda setelah menyantap sarapan sehat.

    Tetapi, jika harus berangkat ke kantor atau menghadiri jadwal kuliah di pagi hari, carilah waktu di siang atau sore hari untuk membayar hutang tidur Anda.

    Jika siang atau sore pun Anda tidak memiliki waktu kosong untuk tidur, sangat disarankan agar Anda berangkat ke tempat tidur lebih awal pada malam hari. Agar, pada hari berikutnya Anda telah mendapat tidur yang cukup.

  • Kenali Tubuh Anda
  • Ilustrasi Pria Lemas Setelah Merayakan Tahun Baru 2020

    Setiap orang memiliki hubungan yang berbeda dengan tubuhnya masing-masing. Anda diharapkan mampu memahami keinginan tubuh sendiri.

    Beberapa orang tidak terbiasa jika tubuhnya begadang atau tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Beberapa orang justru sebaliknya. Maka itu, sangat penting bagi Anda untuk mampu merasakan sinyal-sinyal tubuh sendiri. Jika tubuh dan otak meminta istirahat, patuhi dan jangan paksakan diri.

    Baca Juga

    • Perlukah Anak Diajak Begadang Saat Malam Tahun Baru?
    • Tetap Sehat Walau Begadang
    • Tips Usir Sakit Kepala Usai Begadang di Malam Tahun Baru

    Jadi, apakah Anda sudah siap berpesta dengan begadang di malam tahun baru? Jangan lupakan tips-tips di atas, agar tubuh Anda tetap fit, bugar dan terhindar dari penyakit. Selamat tahun baru 2020!

    (NB/RPA)

    Artikel Terkait

    Life Enjoy

    Show life that you have a thousand reasons to smile


    Disclaimer
    - All data on this website is for information only. Always consult your illness to the nearest doctor for certainty of your condition.
    - Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka. Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.

    Get in touch

    © Copyright 2020 CINTADOKTER.COM - All rights reserved.