Turunkan Berat Badan dengan Biji Rami

3 weeks ago Comment 1K Report

Turunkan Berat Badan dengan Biji Rami

Salah satu jenis makanan yang dipercaya dapat membantu turunkan berat badan adalah biji rami (flax seed). Benarkah demikian?

CINTADOKTER.COM Jakarta Selama beberapa tahun belakangan, biji rami atau flax seed menjadi primadona di kalangan penggiat hidup sehat. Tak hanya itu, biji rami juga dipercaya dapat membantu turunkan berat badan untuk mencapai bobot ideal.

Ada beberapa cara untuk mengonsumsi biji rami. Bisa dimakan langsung atau dicampurkan ke dalam makanan atau minuman seperti susu. Meski bentuknya mungil, tetapi jangan salah, manfaat biji rami untuk kesehatan tubuh segudang!

Baca Juga

  • Tips Turunkan Berat Badan ala Joaquin Phoenix, si Pemeran Joker
  • 9 Protein yang Ampuh untuk Turunkan Berat Badan
  • Jadi Teman Diet, Benarkah Kacang-kacangan Bisa Turunkan Berat Badan?
Memanfaatkan biji rami untuk turunkan berat badan

Satu sendok makan biji rami mengandung 37 kalori, 1,3 gram protein, 3 gram lemak, dan 1,9 gram serat. 

Selain itu, biji rami juga mengandung asam lemak esensial yang diperlukan tubuh, salah satunya adalah ALA (dikenal juga sebagai asam linolenat atau omega-3). Biji rami mengandung 7 gram ALA yang penting untuk perkembangan otak, terutama jika dikonsumsi oleh anak.

Asam lemak omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan, menurunkan risiko kanker, dan menurunkan risiko penyakit autoimun. Menurut riset yang dipublikasikan di jurnal medis “American Journal of Nutrition” pada tahun 2011, disebutkan bahwa omega-3 dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat. Meski begitu, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar memastikannya.

Tak hanya itu, biji rami juga diketahui mengandung tinggi serat. Satu sendok makan biji rami mengandung 1,9 gram serat. Serat dapat menjaga sistem pencernaan lancar dan mengurangi  kolesterol darah. Serat juga dapat membantu menstabilkan kadar gula darah, karena serat bekerja memperlambat penyerapan gula di saluran pencernaan dan mencegah kenaikan gula darah.

Kandungan serat yang tinggi bisa membuat Anda cepat kenyang, sehingga terhindar dari makan berlebihan.

Sebagai catatan, serat dibagi menjadi dua, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Serat larut akan membentuk zat seperti gel di dalam saluran cerna yang membuat Anda kenyang lebih lama, sedangkan serat yang tidak larut akan membantu bakteri baik di dalam saluran cerna dalam menjaga kesehatan saluran cerna.

Konsumsi biji rami juga diketahui baik untuk meningkatkan basal metabolic rate, yaitu kecepatan tubuh dalam membakar kalori. Konsumsi serat juga penting untuk menjaga kadar gula darah Anda tetap stabil.

Biji rami juga mengandung lignin, yaitu kompleks polimer yang terdapat pada dinding sel berbagai tanaman. Lignin merupakan struktur yang membuat suatu tanaman memiliki tekstur yang kaku. Berdasarkan hasil riset yang dipublikasikan di jurnal medis “International Journal of Molecular Sciences” pada tahun 2017, disebutkan bahwa kandungan lignin yang banyak terdapat di dalam biji rami dapat membantu penurunan berat badan.

Anjuran dan batas aman konsumsi biji rami

Meski tergolong menyehatkan, tetapi konsumsinya tetap harus dalam takaran tertentu. Tidak ada dosis yang spesifik, karena rekomendasi hariannya bergantung pada kondisi masing-masing individu. Oleh karena itu, konsultasi dengan dokter dibutuhkan, apalagi jika ada kondisi medis tertentu.

Untuk mendapatkan manfaatnya, rekomendasi porsinya adalah 1-2 sendok makan setiap harinya. 

Hindari mengonsumsi biji rami yang masih mentah atau belum dikupas. Tak hanya sulit dicerna,  biji rami yang masih mentah atau belum dikupas dapat mengandung zat beracun yang bisa berbahaya. Suplemen biji rami juga tidak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu hamil, karena dapat memicu efek samping hormonal.

Tak hanya menyehatkan, biji rami juga banyak dikonsumsi untuk menurunkan berat badan karena beberapa kandungan gizinya. Variasikan biji rami dengan makan sehat bergizi seimbang lainnya, cukup minum air putih, olahraga secara teratur, serta tidur cukup agar manfaatnya lebih terasa.

(RN)

Artikel Terkait

Life Enjoy

Show life that you have a thousand reasons to smile


Disclaimer
- All data on this website is for information only. Always consult your illness to the nearest doctor for certainty of your condition.
- Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka. Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.

Get in touch

© Copyright 2019 CINTADOKTER.COM - All rights reserved.