Yuk, Dapatkan 5 Manfaat Sehat Rutin Jalan Kaki

last month Comment 6K Report

Yuk, Dapatkan 5 Manfaat Sehat Rutin Jalan Kaki

Agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, lalukan jalan kaki secara rutin. Ada beragam manfaat jalan kaki untuk kesehatan, lo.

CINTADOKTER.COM Jakarta Manfaat jalan kaki tampaknya masih dipandang sebelah mata. Ya, Jalan kaki merupakan olahraga paling murah yang bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan tanpa perlu mengeluarkan biaya. 

Namun sayangnya, banyak orang lebih memilih menggunakan mobil atau motor, padahal jarak tempuhnya sangat dekat dan bisa berjalan kaki. Akibatnya aktivitas murah meriah dan menyehatkan ini jarang dilirik sebagai aktivitas fisik yang bisa bikin badan lebih sehat.

Baca Juga

  • Pengaruh Kesehatan Gigi dan Mulut pada Tubuh
  • Kenali Beragam Gejala Hipotensi atau Tekanan Darah Rendah
  • Stroke di Usia Muda, Apa Penyebabnya?
Manfaat jalan kaki

Ada beragam manfaat sehat yang bisa Anda dapat dari rutin jalan kaki. Jika dilakukan rutin setiap harinya minimal 30 menit, jalan kaki bisa membuat tubuh Anda lebih sehat. Berikut ini beberapa manfaat sehat dari rutin jalan kaki:

  • Memperbaiki mood
  • Anda tentu sering mendengar bahwa makan cokelat dapat membuat mood menjadi lebih baik. Nah, berjalan kaki dapat memiliki manfaat yang sama, namun tanpa tambahan kalori.

    Menurut studi yang dilakukan oleh California State University di Amerika Serikat, disebutkan bahwa jalan kaki dapat memperbaiki mood dan membuat Anda lebih berenergi. Selain itu, berjalan kaki di luar ruangan dapat membuat Anda terpapar sinar matahari yang membuat suasana hati menjadi lebih baik. 

  • Membuat Anda lebih kreatif
  • Beberapa pekerjaan menuntut seseorang untuk selalu berpikir kreatif. Namun, ada kebuntuan dan kehabisan ide melanda. Menurut studi yang dipublikasikan di the Journal of Experimental Psychology, Learning, Memory, and Cognition pada tahun 2014, disebutkan bahwa jalan kaki dapat memunculkan ide kreatif.

    Para peneliti menyebutkan dibandingkan hanya duduk diam di satu tempat saja, berjalan kaki dapat membuat pikiran seseorang lebih segar, sehingga tak kehabisan ide. 

  • Menurunkan berat badan
  • Dengan berjalan kaki selama 30 menit, Anda dapat membakar antara 90-200 kalori. Bahkan meski berat badan Anda tidak turun dengan signifikan, berjalan kaki bisa menurunkan lingkar paha dan bahkan perut Anda.

    Agar kalori yang dibakar lebih banyak, Anda dapat meningkatkan intensitas jalan kaki menjadi lebih cepat dan lama. Namun sama seperti olahraga lainnya, pastikan Anda terlebih dahulu melakukan pemanasan.

  • Menurunkan risiko terkena penyakit kronis
  • Menurut the American Diabetes Association, rutin berjalan kaki dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan menurunkan risiko terkena penyakit diabetes. Selain itu, berdasarkan studi yang dilakukan oleh the University of Boulder Colorado dan the University of Tennessee di Amerika Serikat, disebutkan bahwa rutin berjalan kaki dapat menurunkan risiko hipertensi dan stroke hingga 20-40 persen.

    Rutin berjalan kaki selama minimal 30 menit setiap harinya juga dapat menurunkan risiko Anda terkena penyakit jantung. Hal ini sesuai dengan hasil riset yang dipaparkan oleh the New England Journal of Medicine. 

  • Menjaga kesehatan sendi
  • Saat berjalan kaki, serangkaian gerakan dan mobilitas yang Anda lakukan akan memperlancar aliran darah di seluruh tubuh dan menguatkan otot serta sendi-sendi.

    Menurut penelitian yang dipublikasikan di the American Journal of Preventive Medicine pada tahun 2019, dilaporkan bahwa rutin jalan kaki bermanfaat menjaga kesehatan sendi.

    Penelitian ini dilakukan pada 1.564 partisipan berusia lebih dari 49 tahun dengan masalah nyeri sendi. Para partisipan diminta untuk berjalan kaki selama 1 jam setiap minggunya. Hasilnya, partisipan yang rutin berjalan kaki selama 1 jam setiap minggu melaporkan nyeri sendi berkurang dan mobilitas pun menjadi lebih cepat. 

    Dengan rutin berjalan kaki, Anda dapat merasakan manfaat-manfaat sehat di atas. Jadi mulai sekarang, biasakan untuk berjalan kaki minimal 30 menit setiap harinya jika ingin terbebas dari penyakit berbahaya. Yuk, mulai rutin jalan kaki!

    [NP/ RVS]

    Artikel Terkait

    Life Enjoy

    Show life that you have a thousand reasons to smile


    Disclaimer
    - All data on this website is for information only. Always consult your illness to the nearest doctor for certainty of your condition.
    - Semua data yang ada pada website ini bertujuan untuk informasi belaka. Selalu konsultasikan penyakit anda ke dokter terdekat untuk kepastian kondisi anda.

    Get in touch

    © Copyright 2019 CINTADOKTER.COM - All rights reserved.